Anda mencari desain rumah 2 lantai yang berdiri di lahan 9 x 12 M2 dimana posisi tanah berada di hook?

Tanah di posisi hook memiliki kelebihan karena berada di 2 sisi jalan sehingga bangunan tersebut bisa dilihat dari 2 sisi jalan. Tapi tanah di posisi hook juga memiliki kekurangan salah satunya tanah Anda akan terpotong untuk batas garis sepadan bangunan ( GSB ) dan konsekuensinya tanah Anda tidak dapat di bangun seluruhnya yaitu harus mematuhi batas GSB yang sudah di tentukan di 2 sisi tersebut.

Kali ini kita akan membahas tentang desain rumah hook 2 lantai yang berdisi di tanah 9 x 12 M2 dimana akan di tampilkan denah ruangan dan gambar 3 dimensi dari beberapa view pandangan. Lahan yang ada cukup kecil dan berada di posisi hook yang harus terpotong GSB yang berlaku sehingga membutuhkan planing yang tepat agar kebutuhan dan penataan ruangan bisa terpenuhi tentunya penataan ruang dan besaran masih cukup enak untuk di tempati.

 

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah di Bogor 

 

Baiklah mari kita membahas mengenai pembagian ruangnya :

Carport. Posisi Carport ditempatkan di bagian kiri di area GSB dan memanfaatkan area GSB dimana di posisi GSB ini tidak boleh ada badan bangunan utama tetapi untuk pemanfaatan carport atau teras masih bisa di toleransi dan secara teknis penempatan carport di area ini juga menguntungkan. Teras Depan dan Samping. Fungsi teras memang sebagi ruang antara sebelum masuk ke ruang dalam bangunan tetapi dengan lahan yang terbatas fungsi teras bisa di optimalkan lagi misalkan bisa sebagai ruang tamu atau ruang duduk santai yang cukup enak juga apalagi didukung suasana taman dan ornamen arsitektur lain yang menarik seperti kolam ikan dan lighting yang menarik.

Kemudian bertahap kita bahas ruang dalam rumah hook ini yaitu ruang keluarga dan ruang makan yang menjadi satu dan area dapur yang terpisahkan oleh dinding tapi masih cenderung menjadi satu kesatuan juga walau berada disisi yang dipisahkan oleh dinding. Disebabkan karena area yang terbatas maka penataan ruang tersebut adalah solusi yang memang timbul karena kebutuhan dan keterbatasan ruang yang tersedia karena terpotong GSB yang tidak boleh dilanggar dan akhirnya penataan ruang inilah yang mungkin menjadi yang terbaik dari pengaturan ruangan lainnya.

Kemudian untuk Ruang Tidur Utama di lantai 1 diposisikan disisi kiri menghadap taman samping agar mendapatkan pencahayaan dan penghawaan yang baik dan di posisi ini masih ada kemungkinan dikemudian hari untuk di buat toilet dalam di area taman samping tinggal mengembangkan ke arah samping atau di area taman.

Kemudian untuk lantai 2 dari rumah hook ini yang terdiri dari 2 ruang tidur dan ruang keluarga dan area service diposisikan seperti dalam denah tata ruang yang ada dimana posisi posisi ruangan memang mempertimbangkan banyak pertimbangan disamping hubungan ruang. pencahayaan dan penghawaan alami juga aspek arsitektur lainnya seperti potensi bentukan fasade dll.

Baiklah untuk desain rumah hook 2 lantai di lahan 9 x 12 m2 bisa Anda lihat di gambar gambar yang di lampirkan semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang memiliki lahan yang hampir sama dan mencari solusi penataan ruangan untuk desain rumah Anda.