Membangun rumah adalah kebutuhan dasar setiap orang atau keluarga, dimana kebutuhan rumah ini adalah kebutuhan pokok yang harus di penuhi disamping kebutuhan dasar lainnya yaitu Sandang dan Pangan. Membangun rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu banyak orang yang menabung untuk bisa membangun rumah atau memiliki rumah tersebut. Tapi disamping menabung setiap orang yang berencana membangun rumah atau memiliki rumah harus tau berapa sih biaya untuk membangun rumah yang di perlukan ?, berikut ini adalah informasi bagi Anda yang ingin mengetahui biaya membangun rumah.

Biaya Membangun Rumah Per M2

Untuk mengetahui biaya membangun rumah yang paling mudah adalah dihitung berdasarkan Rumus : Luas Bangunan x Harga Per M2 . Rumus ini yang biasa digunakan untuk mengetahui biaya membangun rumah dengan cepat,  walaupun ada cara yang lebih tepat lagi untuk mengetahui secara pasti berapa biaya untuk membangun rumah, yaitu berdasarkan perhitungan Volume setiap pekerjaan dan harga satuan yang berlaku disetiap lokasi atau tempat di Indonesia yang bisa di dapat di Jurnal Harga Terbaru. Tapi baiklah sesuai judul kita akan membahas berapa biaya membangun rumah per M2 untuk setiap jenis rumah, dan apa saja yang mempengaruhi dalam hitungan berdasarkan luas bangunan ini, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya membangun rumah berdasarkan luas bangunan per M2. Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Membangun Rumah Per M2

  1. Jumlah Lantai Bangunan, membangun rumah 1 lantai akan berbeda strukturnya dengan rumah 2 lantai atau 3 lantai, pondasi bangunan pastinya akan berbeda, di bangunan 1 lantai mungkin pondasinya cukup hanya menggunakan pondasi batu kali atau dengan sloof atau balok balok pengikat di bagian dasar yang dimensinya kecil, tapi di bangunan bertingkat pastinya memerlukan pondasi dan struktur yang lebih besar lagi.
  2. Material yang digunakan, tentunya akan mempengaruhi harga bangunan, kita bisa membagi jenis material ini berdasarkan jenis material Sederhana, Menengah, Mewah atau Lux. Jenis material ini pulalah yang akan menentukan bangunan yang ada masuk kategori, sederhana, menengah, mewah atau lux, dan harga per M2 nyapun tentu akan berbeda.
  3. Desain Rumah, untuk faktor desain rumah ini turut mempengaruhi biaya membangun rumah per M2, misal desain rumah dengan ukuran ukuran yang tidak standar, mungkin lebih tinggi atau memiliki kerumitan tersendiri yang menyebabkan biayanya juga akan berbeda dengan yang umumnya.
  4. Lokasi Proyek, untuk faktor ini juga bisa menentuhan harga membangun rumah berdasarkan luas bangunan, lokasi proyek yang sulit di jangkau misal di dalam gang sempit, atau di atas pegunungan yang sulit untuk menyuplai bahan dan material bangunan akan mempengaruhi harga.

Membangun rumah sederhana akan berbeda dengan membangun rumah mewah atau lux ini disebabkan karena penggunaan material dan ukuran ukurannya yang pasti berbeda juga.