9 Kesalahan Saat Menata Ruang Tamu

9 Kesalahan Saat Menata Ruang Tamu

Bangun-rumah.com │ Ruang tamu merupakan salah satu ruangan penting dan vital yang ada di dalam rumah. Coba sekarang Anda perhatikan bagaimana kondisi ruang tamu Anda? Apa sofa selalu menempel di tembok atau ruang yang kurang penerangan. Ruangan tamu menjadi ruangan vital di rumah karena ruang tamu menjadi tempat yang pertama dilihat oleh tamu ketika berkunjung ke rumah Anda. Penataan yang kurang tepat bisa membuat suasana kurang nyaman. Berikut kesalahan yang sering kali dilakukan , yang sebaiknya dihindari saat menata ruang tamu di rumah.

  1. Terlalu banyak furniture

Demi mengesankan para tamu yang berkunjung ke rumah, Anda meletakkan banyak furniture di ruang tamu. Ini juga kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar. Percuma menaruh furniture yang tak ada fungsinya. Selain membuat pengeluaran lebih boros, furniture yang terlalu banyak juga bisa membuat ruang tamu semakin sempit.

  1. Lampu redup

Kurang tepat meletakkan lampu yang temaram di ruang tamu. Lampu redup sebaiknya di letakkan di kamar tidur bukan ruang tamu. Ruang tamu butuh pencahayaan yang terang untuk menciptakan suasana nyaman. Jangan juga mengandalkan sinar matahari karena itu tidak berlaku jika ada tamu di malam hari. Pastikan Anda memasang beberapa lampu dan menyiapkan lampu yang memiliki kaki sebagai alternatif.

  1. Memilih sofa atas keinginan bukan kebutuhan

Bukan hanya Anda saja yang merasa ingin memiliki sofa cantik untuk ruang tamu. Eits, tapi tunggu dulu! Anda harus mengutamakan kebutuhan. Banyak di antara Anda memilih sofa untuk memberi kesan indah pada ruang tamu, padahal hal yang Anda cari adalah kenyamanan. Pilih sofa sesuai kebutuhan dan tentunya rasa nyaman.

  1. Meletakkan sofa menempel pada dinding

Beberapa orang tanpa sadar selalu meletakkan sofa menempel pada dinding rumah baik ruang tamunya besar maupun kecil. Anda boleh saja meletakkan sofa menempel pada dinding jika memang ruang tidak cukup. Namun kalau punya ruang yang cukup besar lebih baik letakkan sofa atau kursi tamu di tengah ruangan. Hal ini bisa membantu memberikan efek ruangan lebih besar dan nyaman

  1. Meletakkan banyak foto dan cenderamata dari luar negeri

Boleh saja bila Anda menaruh foto keluarga dan pasangan di ruang tamu. Anda juga bisa meletakkan beberapa pernak-pernik untuk menghiasi ruang tamu. Namun jangan berlebihan, hindari meletakkan banyak foto atau cenderamata dari luar negeri demi memberikan kesan baik di mata tamu Anda. Percayalah barang-barang itu tak berguna yang nanti malah bisa membuat ruangan tambah sempit dan banyak debu.

  1. Menggantung foto atau lukisan terlalu rendah

Kesalahan lain saat menata ruang tamu terletak pada cara menggantung foto atau lukisan. Pastikan Anda menggantung hiasan dinding di ketinggian yang tepat. Disarankan jarak antara foto bagian tengah dan lantai sekitar 60 inch. Tidak meletakkan hiasan dinding terlalu pendek atau tinggi

  1. Memilih gorden pendek

Beberapa rumah tak terlalu mementingkan bentuk gorden yang penting punya tirai sebagai penghalau matahari dan melapisi kaca dalam. Hindari memilih gorden yang pendek. Meski ukuran kaca tidak sampai menyentuh lantai, ada baiknya pilih gorden yang panjang hingga hampir menyentuh lantai. Pasalnya gorden yang pendek bisa memberikan kesan ruangan lebih kecil dan terkadang terlihat kurang pas. Sementara gorden panjang dapat membuat ruangan lebih manis.

  1. Tak ada bantal hias

Bantal hias biar tidak banyak tapi penting sebagai pemanis ruang tamu. Selain itu, bantal hias bisa menambah warna dan membuat sofa lebih nyaman. Maka dari itu, Anda butuh beberapa bantal hias sebagai alternatif pengganti bila yang lainnya dicuci.

  1. Tidak menyesuaikan gaya hidup Anda

Ruang tamu bisa jadi tempat yang akan Anda gunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan benda-benda yang ada di ruang tamu. Anda seharusnya memilih benda-benda yang ada dalam keseharian. Bukan benda yang asal untuk keindahan tanpa ada fungsinya.

 

Selamat mencoba !