Pasti sangat mengasikkan bisa memiliki kolam renang sendiri di rumah, akan ada banyak moment menyenangkan yang akan Anda lalui bersama keluarga di kolam renang rumah sendiri. Selain sebagai sarana olahraga di rumah,  Anda juga bisa sering berkumpul untuk berenang bersama anak-anak atau pasangan tercinta tanpa harus pergi ke tempat kolam renang umum. Nah bagi Anda yang halaman rumahnya luas atau ada sisa lahan di belakang rumah,  bisa dimanfaatkan untuk dibangun kolam renang. Ada banyak model kolam renang dan juga ukurannya yang nanti bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada di rumah.  Ada beberapa tahapan atau cara untuk membuat kolam renang sendiri di rumah,  setelah lahan untuk kolam tersedia, yang harus Anda ikuti adalah tahapan-tahapan seperti yang dijelaskan berikut ini :

 

Baca Juga : 46 Model Terbaru Kolam Renang Kecil Minimalis Di Lahan Sempit

 

1. DESAIN MODEL KOLAMNYA

 

Mulai dengan mendesain atau merancang kolam renang yang akan dibangun. Ingin seperti apa model kolam renangnya?, ingin kolam renang model persegi? , kolam renang model bulat?, kolam renang model memanjang?, kolam renang model love?, atau model lain yang Anda inginkan. Juga pikirkan berapa ukuran kolam dan kedalam yang diinginkan? yang perlu diperhatikan adalah semakin rumit desainnya akan semakin tinggi biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya.

 

2, MENGGALI LUBANG UNTUK KOLAM

Menggali sendiri dengan cangkul biasa akan membuang waktu Anda, sebaiknya sewa orang untuk menggali lubang bakal kolam dengan menggunakan mesin. Jadi waktu yang ada bisa di gunakan untuk memikirkan kontruksi kolam renang yang akan dibangun.

 

3.  MEMPERKUAT PONDASI KOLAM

Kolam renang yang dibuat harus kuat dan tahan goncangan gempa, sebeb itu harus diperkuat kontruksinya. Saat mengerjakan kerangka dinding dan lantai disarankan menggunakan pelat baja. Minta bantuan tenaga professional yang ahli tentang pemasangan baja.

 

4. LANTAI KOLAM RENANG

 

Saat pondasi baja sudah selesai dipasang, selanjutnya mengerjakan lantai kolam dengan menggunakan beton. Sebaiknya Anda sudah tahu komposisi adukan semen yang akan digunakan untuk membangun kolam renang Anda tersebut.

 

5. LAPISAN DINDING KOLAM

Jika pengerjaan lantai kolam sudah selesai dan sudah yakin dengan kekuatannya, tahap selanjutnya adalah menyiapkan beton untuk membangun dinding kolam. . Supaya tidak mudah runtuh, pastikan dinding kolam yang dibangun mempunyai lapisan yang kokoh dan kuat

 

6. TUANGKAN BETON

Untuk membentuk dinding kolam, tahap selanjutnya adalah dengan menuangkan beton, jangan hanya selapis saja, namun beberapa lapis agar kuat. Untuk melenyapkan udara yang mengendap diantara lapisan beton, bisa digunakan vibrator semen.

 

7. MEMASANG INSTALASI LISTRIK KOLAM

Pada tahap ini, untuk instalasi listrik pada sistem pencahayaan atau penyaringan di kolam renang,  tentu tidak boleh dilakukan sembarangan.  Sebab itu disarankan Anda menggunakan jasa tukang listrik professional,  karena Anda tentu tidak mau mengambil resiko dan pastinya akan berbahaya jika kolam renang Anda memiliki instalasi listrik yang buruk.

 

8.Sistem Pelapis Kedap Air

Jika tahap pembuatan struktur utama kolam sudah selesai, tahap selanjutnya yaitu memasang lapisan kedap air pada dinding dan lantai agar tidak merembes. Ada beberapa macam pilihan produk pelapis kedap air untuk kolam renang,  antara lain :

  • Tabung plastik dasar
  • Keramik
  • Lapisan semen dan
  • Lapisan plastik semprot

 

9. MEMASANG KERAMIK KOLAM

Pilih warna dan corak keramik yang pas dengan desain kolam renang Anda. Cara pemasangan keramik pada kolam renang sama caranya seperti memasang keramik lantai kamar mandi atau di dapur rumah.

 

10. MENGISI AIR KOLAM

Setelah tahapan proses pembuatan kolam renang sudah selesai,  sekarang Anda tinggal mengisinya saja dengan air.  Selamat bersenang-senang!

 

JASA PEMBUATAN KOLAM RENANG