Tips Bikin AC Rumah Awet Dan Hemat Listrik

Tips Bikin AC Rumah Awet Dan Hemat Listrik

Bangun-rumah.com │ Saat udara panas, hal yang kerap di lakukan saat orang berada di dalam rumah adalah menyalakan AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan. Udara yang sejuk memang membuat semua orang merasa nyaman. Namun untuk sebagian orang, menyalakan AC sama saja dengan  memikirkan tagihan listrik yang membengkak, hal itu bisa saja terjadi jika anda belum mengetahui cara menggunakan AC yang benar dan tepat agar tagihan listrik di rumah tidak membengkak dan juga AC di rumah tetap awet.

Berikut ini adalah tips tentang bagaimana membuat AC rumah tetap awet dan juga hemat listrik, disimak yuuk ulasannya :

  1. Pilih PK AC yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruangan

Jika Anda menghidupkan AC dan menyetelnya pada suhu 22, namun ruangan tetap tidak terasa dingin, ada kemungkinan Anda telah salah memilih AC. PK (Paardekracht/ tenaga kuda) AC yang tidak sesuai dengan ruangan membuat ruangan tidak sejuk dengan maksimal dan tentu membuat tagihan listrik di rumah jadi membengkak. Berikut adalah rumusan cara memilih AC yang tepat sesuai kebutuhan ruangan di rumah :

  • AC ½ PK dapat menjangkau ruangan dengan luas 6-10 meter persegi.
  • AC ¾ PK untuk ruang 9-14 M2,
  • AC 1 PK untuk ruang seluas 11-18 M2
  • AC 1,5 PK bisa menjangkau ruang seluas 15-24 M2
  • AC 2 PK bisa dipasang pada ruang seluas 22-36 M2, dan
  • AC 2,5 PK pada area 20-48 M2.

 

  1. Jangan setel AC di bawah suhu 22 derajat celcius

Banyak orang yang salah dengan menyalakan suhu AC di bawah 22 derajat celcius, dengan anggapan agar ruangan menjadi cepat sejuk dan dingin. Yang perlu Anda ketahui, saat menyetel suhu remote AC pada 22 derajat celcius, maka kompressor AC akan bekerja untuk membuat ruangan berada pada suhu 22 derajat celcius. Kemudian saat AC mendeteksi bahwa suhu ruangan berada di 22 derajat celcius, maka kompresor AC akan berhenti bekerja sehingga angin yang keluar dari AC akan seperti angin dari kipas angin. Permasalahan disini adalah, Indonesia memiliki iklim tropis cenderung panas, dimana suhu kamar hampir tidak mungkin bisa berada pada suhu dibawah 22 derajat celcius, jadi apabila remote AC di setel pada suhu misalnya 16 derajat celcius, maka kompresor AC akan terus bekerja agar suhu ruangan berada pada 16  derajat celcius, dan akibatnya Kompressor AC terus menerus bekerja untuk mencapai suhu 16 yang tidak mungkin tercapai. Kompresor tidak pernah istirahat dan terus bekerja 100% , dalam hal ini akan memperpendek usia kompresor.

Demikian juga pada  AC inverter, jika di pakai dengan cara seperti ini maka kompresor terus menerus bekerja yang mengakibatkan hampir tidak ada penghematan dibanding AC biasa. Dalam kondisi normal AC inverter akan bekerja dengan amat cepat dan keras untuk mendinginkan ruangan sebelum bekerja seminimal mungkin. Karena kompresor yang terus bekerja tanpa henti secara terus menerus, mengakibatkan biaya listrik AC inverter jadi lebih mahal.

Dengan demikian sebaiknya Anda menyetel suhu remote paling minimum 22 derajat celcius, selain lebih menghemat daya listrik, AC Anda di rumah akan jadi lebih awet.

  1. Jangan terlalu sering buka tutup ruangan yang ber-AC

Apabila terlalu sering buka tutup pintu ruangan pada saat AC di hidupkan, suhu dalam ruangan akan menjadi tidak stabil karena hawa panas dari luar akan masuk ke dalam ruangan. Hal ini akan membuat AC bekerja lebih keras terus menerus untuk membuat suhu ruangan menjadi stabil, dan akibatnya pemakaian daya listrik menjadi tinggi dan kompresor tidak akan awet.

  1. Dilarang langsung menghidupkan AC jika baru dimatikan

Sering terjadi AC yang baru dimatikan langsung di hidupkan lagi, sebaiknya berikan jeda waktu beberapa menit  baru kemudian AC dihidupkan lagi, hal ini bertujuan untuk memberikan waktu pada oli kompressor dan freon untuk kembali ke kompressor. Hal ini juga akan membuat kompresor AC jadi lebih awet.

  1. Bersihkan debu di ruangan ber-AC secara rutin

Ruangan ber-AC yang berdebu akan akan terserap oleh AC dan menyulitkan kerja AC. Semakin banyak debu menempel pada AC akan membuat kerja AC semakin sulit dan membuat Anda harus sering mencuci AC.

  1. Rutin cuci AC minimal 3 bulan sekali

AC yang kotor dengan debu akan membuat AC bekerja extra untuk mendinginkan ruangan. Untuk mendinginkan ruangan yang biasa hanya membutuhkan kecepatan fan 1 mungkin jadi membutuhkan kecepatan fan 2/3/maksimum. Ini mengakibatkan kompresor AC bekerja lebih keras dari seharusnya yang akhirnya mengakibatkan AC cepat rusak dan lebih boros listrik. Jadi pastikan Anda rutin mencuci AC dirumah minimal 3 bulan sekali.

Semoga ulasan tentang tips bikin AC rumah awet dan hemat listrik di atas bermanfaat bagi Anda.