Pekerjaan Fasade ( Muka Bangunan )


Pekerjaan Fasade ( Muka Bangunan ) Proyek Rumah Tinggal Ibu Rima Eista Pejompongan

Pekerjaan Fasade atau pekerjaan Muka Bangunan adalah salah satu point terpenting dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan rumah tinggal. Atau bisa juga dibilang pekerjaan ini adalah salah satu penentu dari keseluruhan proses pekerjaan pembangunan jika dilihat secara exterior.

Diperlukan pemilihan tukang yang memiliki skill khusus untuk pekerjaan ini, bukan saja harus halus untuk hasil pekerjaan ini, tetapi juga harus ahli dalam pengetahuan bahan finishing, seperti bahan batu alam, marmer, kayu dll. Biasanya dalam pembentukan tampak depan bahan bahan finishing ini sering menjadi pilihan arsitek untuk di terapkan dalam pemilihan material tampak depan. Ketelitian membaca gambar hubungannya dengan bentuk dan ukuran juga mutlak untuk tenaga kerja finishing ini.

Beberapa Tips Untuk Pekerjaan Fasade ( Muka Bangunan ) :

  1. Persiapkan Gambar Kerja khusus untuk pekerjaan Fasade ( Muka Bangunan ) secara detail, baik ukuran, jenis bahan finishing, maupun warna. Bisa meminta kepada Arsitek untuk di buatkan alternatif desain untuk pekerjaan ini. Gambar Kerja untuk pekerjaan ini biasanya dengan skala yang lebih besar agar mudah terbaca, misalkan skala 1 : 50 atau skala 1 : 20 ( tergantung keperluan ).
  2. Memilih tukang yang benar benar ahli dalam pekerjaan ini. Biasanya kontraktor memiliki team tersendiri untuk menyelesaikan Tampak Depan ini.
  3. Jangan segan segan untuk selalu berdiskusi dengan arsitek, selama proses pekerjaan ini berlangsung agar di dapat hasil yang sesuai dengan desain dan keinginan.