Mengenal Pagar Kayu dan Bata Ekspos

Mengenal Pagar Kayu dan Bata Ekspos

Desain seperti apa yang tepat untuk pagar bermaterial kayu dan bata ekspos ?

 

 

Sesuaikan desain pagar yang akan Anda buat dengan materialnya. Pilihan material yang tepat, tentu akan mendukung fungsi dan hasil yang memuaskan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari pagar bermaterial kayu dan bata ekspos , serta saran desain yang dapat diterapkan dengan jenis material tersebut.

Pagar Bermaterial Bata Ekspos

Menggunakan batu bata sebagai material ekspos menuntut pengerjaan yang rapi. Terutama karena batu bata mudah retak dan rapuh. Pori-pori yang besar pada batu bata juga menyebabkan material ini mudah menyimpan air dan akhirnya berlumut.

Jika batu bata menjadi piliahan Anda, gunakan bata yang dibuat dengan teknik pabrikasi, bukan yang dibuat secara tradisional. Bata yang dibuat dengan mesin pencetak akan lebih presisi dan padat. Anda dapat menerapkan batu bata ekspos pada rumah bertampilan natural atau desain-desain dengan sentuhan tradisional. Jangan lupa meng- coating dinding bata ekspos secara rutin agar tahan lama dan selalu menarik dilihat.

Pagar Bermaterial Kayu

Kekuatan utama kayu ada pada tampilannya yang alami dan hangat, serta karakteristiknya yang mudah dibentuk. Segala gaya desain bisa diaplikasikan menggunakan material ini. Biasanya kayu disandingkan dengan besi untuk mendapatkan bentuk pagar yang menarik dan kokoh.

Kayu jenis tertentu punya beberapa kelemahan seperti mudah kusam, keropos dan lapuk. Maka jika ingin memakai kayu untuk pagar, pastikan Anda memilih jenis kayu yang tepat. Gunakan jenis kayu yang tahan cuaca seperti kayu besi dan ulin. Namun karena kayu sudah semakin langka, harganya pun jadi mahal. Pagar kayu wajib mendapatkan perawatan rutin dengan pengecatan atau coating ulang.

Sumber : iDEA