Menata Lampu  Di Tiap Ruang

Menata Lampu Di Tiap Ruang

Lampu yang tepat dapat membangun mood tertentu,bahkan menciptakan efek tertentu sesuai keinginan kita untuk ruang tertentu. Oleh karena itu bisa jadi Anda membutuhkan jenis dan jumlah lampu yang cukup banyak dan bervariasi dalam setiap ruang. Untuk memudahkan, berikut kami paparkan seluk-beluknya dari sudut pandang keberadaan lampu di setiap ruang dalam rumah.

Ruang Tamu

menata_lampu_rumahRuang tamu adalah tempat kita menjamu dan menerima tamu. Beberapa keluarga memiliki kebiasaan memajang hiasan dalam ruang ini, mulai dari lukisan, foto keluarga, benda kenangan keluarga, benda hobi salah satu anggota keluarga, bahkan benda koleksi favorit. Cahaya yang diinginkan dalam ruang ini biasanya yang bias menimbulkan kesan hangat, ramah, dan bersahabat, dengan posisi arah sinar tidak menyilaukan mata, serta sedapat mungkin mengoptimalkan tampilan hiasan atau pajangan dalam ruang ini.Lampu berdiri dan lampu gantung kandelar biasanya menjadi favorit banyak orang untuk ruang ini, sebab kesan cahaya yang di timbulkannya cukup terang dan hangat. Berlawanan dengan lampu berdiri yang menampilkan kesan modern, lampu gantung kandelar menampilkan kesan klasik dan mewah.

Ruang Duduk

Ruang duduk merupakan area favorit banyak orang di rumah. Disinilah kita menikmati waktu luang dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi, seperti membaca buku/majalah, menonton televisi/film, atau mendengarkan music sambil bersenda gurau dengan anggota keluarga yang lain. Tidak jarang ruang duduk juga di jadikan area bermain anak-anak. Karena mobilitas dalam ruang ini cukup tinggi, lampu sebagai sunber cahaya harus hadir dalam banyak variasi agar dapat mengakomodasi beragam aktivitas tersebut.Umumnya lampu dalam ruang ini terdiri atas lebih dari 2 jenis. Lampu duduk dan lampu berdiri dapat digunakan sebagai sumber penerangan tambahan saat melakukan aktivitas membaca atau menonton televisi. Lampu dinding juga bisa dijadikan alternative jika Anda menginginkan lampu yang tidak memakan banyak tempat. Lampu bersistem dimmer dapat menjadi salah satu solusi praktis untuk mengatasi kebutuhan intensitas cahaya yang berbeda-beda. Pastikan Anda bisa mendapatkan cahaya alami saat melakukan aktivitas santai, seperti mendengarkan music atau menonton televisi.

Ruang Makan

ruang_makanUmumnya ruang ini digunakan sebagai area bersantap. Namun ada juga sebagian keluarga yang memanfaatkan meja makan sebagai meja belajar di malam hari. Tidak jarang pula ruang makan dijadikan tempat berinteraksi antar anggota keluarga, sebab meja makan amat ideal di jadikan sarana berkumpul dan mengobrol sambil menikmati santapan. Karena berbagai fungsi tersebut, idealnya lamou dalam ruang ini dapat menghadirkan suasana hangat dan akrab.Lampu gantung yang dipasang tepat diatas meja makan merupakan pilihan yang tepat. Pasang lampu gantung dengan ketinggian paling pas, jangan terlalu rendah, agar cahayanya tidak mengganggu anggota keluarga yang sedang bersantap.

Dapur

interior003Dapur merupakan ruang favorit dalam rumah bagi siapa saja yang gemar memasak. Aktivitas yang terjadi di area ini, antara lain mengolah bahan makanan menjadi makanan siap hidang. Memotong, mengiris, mencincang, memarut, mengaduk, mencampur bahan makanan, merebus dan lain-lain, merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan saat memasak.Dapur yang baik harus memiliki meja berukuran cukup besar yang dapat difungsikan sebagai tempat “ bekerja “. Sebaiknya sediakan penerangan yang cukup untuk menerangi meja kerja ini. Letakkan lampu dibagian atas dalam jarak cukup dekat dengan arah sorot cahaya ke meja, atau pasang lampu di bawah atau di dalam meja kerja (hal ini dapat diwujudkan jika meja kerja terbuat dari kaca sandblast yang tembus pandang. Material ini memungkinkan lampu ditaruh di bawah atau di dalam bidang horizontal meja) Dapur yang dilengkapi kitchen set punya kelebihan. Umumnya kitchen set telah dilengkapi titik-titik lampu yang di fokuskan kea rah bidang kerja dalam perabot tersebut, misalnya kea rah meja kerja, bak cuci piring, kompor, maupun oven atau microwave.

Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan area paling privat dalam rumah. Karena definisi ruang ini adalah ruang untuk beristirahat, cahaya dalam ruang ini harus dual-function, bisa terang, bisa agak temaram. Dengan demikian, saat tidur mata Anda bisa beristirahat dengan baik tanpa gangguan sinar yang menyilaukan.Lampu bersistem dimmer efisien dipakai dalam ruanh ini, mengingat kebutuhan untuk mengubah intensitas cahaya cukup tinggi. Model lampu dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Sering kali lampu gantunglah yang dipilih menjadi lampu kamar tidur. Bentuk yang cantik dan beragam merupakan alasan utamanya. Dua lampu dinding di atas sandaran kepala tempat tidur juga bisa Anda jadikan pilihan menarik untuk memenuhi kebutuhan akan cahaya saat membaca.

Ruang Kerja

Kebutuhan akan cahaya dalam ruang ini cukup tinggi, sebab aktivitas yang terjadi didalamnya cukup beragam, mulai dari membaca, menulis, hingga mengerjakan tugas dengan computer. Jenis lampu yang paling baik untuk seluruh aktivitas ini adalah lampu halogen, sebab cahayanya cenderung terfokus dan terang. Sebaiknya tambahkan penutup pada lampu tersebut agar tingkat intensitas cahaya yang memancar tidak menyilaukan mata. Agar efektif, letakkan lampu di dekat meja dan kursi, sebab kegiatan Anda pasti terfokus di daerah ini. Jika Anda melakukan suatu kegiatan, baik membaca maupun menulis di kursi, kami paparkan beberapa catatan mengenai posisi lampu yang paling baik. Amati hal-hal berikut sebagai masukan, terapkan salah satunya.

1. Taruh lampu meja di meja, tepat disamping kursi. Posisi ini akan menghasilkan arah cahaya yang paling baik, untuk kegiatan  membaca, yaitu sekitar 20-25 sentimeter dari tengah buku.

2. Letakkan lampu berdiri tepat di sebelah kursi. Jarak sumber cahaya ke tengah buku kurang-lebih 20 sentimeter.

3. Letakkan lampu dinding tepat di belakang kursi. Jarak sumber cahaya ke buku kurang-lebih 15 sentimeter.

4. Taruh lampu berdiri di belakang kursi. Jarak sumber cahaya ke buku kurang-lebih 26 sentimeter.

Kamar Mandi

Kini, aktivitas kamar mandi terdiri atas banyak hal, bukan hanya sekedar mandi, namun juga kegiatan memanjakan diri seperti berendam dalam hot bath tub, berdandan didepan kaca wastafel, membaca Koran, hingga mendengarkan music sambil duduk di jamban. Berbagai “kegiatan” tersebut secara tidak langsung mempengaruhi sistem pencahayaan dalam kamar mandi. Dulu terang saja sudah cukup. Sekarang pencahayaan dalam kamar mandi mendapat perhatian cukup besar. Selain terang, cahaya di kamar mandi harus dapat menimbulkan rasa nyaman. Lampu yang memenuhi syarat tersebut adalah gabungan dari lampu downlight tepat di atas wastafel, lampu TL atau lampu sorot di kaca wastafel, lampu downlight berwatt kecil yang melingkupi area bath tub, dan lampu TL untuk menerangi seluruh kamar mandi. Anda bisa menambahkan lampu sorot kecil di dekat jamban jika Anda termasuk orang yang senang membaca sembari duduk di jamban.

Ruang Rias

Merias diri merupakan salah satu senjata untuk mempercantik dan menutupi kekurangan fisik. Saat ini kegiatan tersebut bukan hanya menjadi konsumsi kaum hawa. Untuk memenuhi tujuan mempercantik dan menutupi kekurangan fisik, Anda membutuhkan sumber cahaya yang sinarnya dapat menjangkau seluruh permukaan tubuh dan wajah. Lampu yang tepat untuk kegiatan ini harus memiliki sinar yang tidak mendistorsi warna. Lampu dengan cahaya daylight merupakan pilihan yang tepat. Saat ini, sebagai solusi menghemat tenaga dan biaya listrik, produsen sudah melempar lampu hemat energy dengan produksi cahaya daylight ke pasaran.Umumnya, ruang make-up dan ruang ganti untuk syuting, entah syuting sinetron, film, video klip, atau iklan pendek, memakai lampu halogen, lampu fluoresens, ataupun lampu pijar berwatt kecil dengan gelas kaca susu yang di susun mengikuti bentuk kaca. Lampu-lampu tersebut sengaja di tata untuk memenuhi unsur penting kegiatan merias diri.

Garasi, Carport (Garasi Terbuka), dan Teras

Biasanya, wilayah pertama yang merupakan penanda dan pengantar masuk ke dalam rumah adalah area public seperti garasi, garasi terbuka, taman, teras, dan beranda. Karena area tersebut termasuk outdoor space, pemilihan lampu yang akan digunakan harus ditinjau dari aspek keamanan dan tingkat intensitas cahaya yang tinggi. Selain itu, pemilihan lampu juga harus memperhitungkan efek cahaya yang akan di timbulkan. Karena taman, teras, beranda, dan garasi merupakan wilayah transisi saat memasuki rumah atau bangunan, kesan yang harus dirasakan para tamu dari pencahayaan yang baik adalah ramah, nyaman, dan sambutan yang baik. Semua jenis lampu dapat diaplikasikan untuk area ini.

 

Admin Studio BRP