Membangun rumah 2 lantai menggunakan konstruksi baja adalah sebuah pilihan struktur selain struktur yang umum di pergunakan yaitu struktur beton bertulang. Mengapa jatuh pada pilihan penggunaan struktur baja untuk pembangunan rumah 2 lantai ?. Dalam artikel ini akan di bahas mengenai kelebihan menggunakan struktur baja untuk pembangunan rumah 2 lantai atau lebih di bandingkan dengan struktur beton bertulang.

 

Baca Juga : Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal

 

Berikut ini beberapa alasan menggunakan konstruksi baja untuk rumah 2 lantai atau lebih :

  • Alasan kecepatan dalam pembangunan adalah alasan yang paling banyak kita dapatkan dari orang membangun rumah dengan konstruksi baja, ya memang akan sangat cepat apabila kita menggunakan konstruksi baja untuk bangunan rumah 2 lantai atau lebih, hanya dalam 1 minggu saja konstruksi bangunan bisa sudah berdiri, apalagi kalau pembagian ruangannya berbentuk grid.
  • Alasan lebih murah dari bangunan beton pada umumnya banyak juga yang mempunyai alasan ini, memang karena konstruksi baja bisa di bangun lebih cepat sehingga akan menghemat banyak waktu, sehingga kost biaya pembangunan juga lebih hemat, tetapi tunggu dulu, dengan konstruksi baja apabila harus di bungkus finishing finishing seperti aluminium atau bata ringan, biaya juga akan besar atau hampir sama dengan beton.
  • Alasan kekuatan, banyak orang yang menggunakan konstruksi baja beralasan karena baja lebih kuat dari beton, walaupun pada dasarnya kekuatannya sama dan sudah di perhitungkan masing masing, tapi alasan ini sering kita dengar. Memang apabila kita ulas lebih jauh lagi mengenai kekuatan antara konstruksi baja dan beton masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, tapi untuk konstruksi bangunan 2 lantai kami rasa kekuatan beton dan baja adalah sama.
  • Ingin menampilkan arsitektur industrial, nah untuk alasan ini orang yang menggunakan struktur baja lebih mengedepankan visual yang ingin di dapat, yaitu arsitektur bangunan industrial, kolom kolom baja nya di perlihatkan, kesan bangunan yang sederhana dengan bentangan bentangan panjang dan ruangan yang luas menjadi ciri nya.
  • Alasan Investasi bahan bangunan, banyak juga yang memiliki alasan ini, biasanya disebabkan karena sewa bangun, dimana lahannya disewa untuk bangunan resto, gudang dll sehingga jika habis sewanya bangunan akan di bongkar, tentu saja jika menggunakan konstruksi baja, konstuksi lama masih memiliki nilai jual, berbeda dengan beton yang jika di bongkar akan menjadi puing dan tersisa sedikit tulangan besinya.

 

Jika Anda memerlukan Jasa Desain Rumah dengan Konstruksi Baja sekaligus kontraktor pembangunannya, salah satu team arsitek Bangun Rumah Persada bisa Anda libatkan, apa yang akan Anda dapatkan ?

  • Analisa struktural, lebih menguntungkan mana konstruksi baja atau beton untuk bangunan yang Anda inginkan, karena untuk beberapa kasus konstruksi baja bisa jadi lebih mahal.
  • Membantu membuatkan desain dan visualisasi 3 Dimensi bangunan Anda
  • Membantu membuatkan Desain Rumah dan Gambar Kerjanya
  • Membantu menghitung Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) dan menghitung kebutuhan bahan yang diperlukan
  • Membantu pelaksanaan pembangunan

Silahkan menghubungi Arsitek kami untuk kebutuhan Anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.