Membangun rumah adalah sebuah kegiatan yang mengeluarkan biaya besar, untuk membeli bahan bangunan maupun untuk membayar upah tenaga kerja, belum lagi untuk membayar jasa arsitek yang membuatkan desain rumah tersebut. Dengan adanya latar belakang tersebut maka banyak orang berusaha untuk dapat mengefisienkan biaya untuk membangun rumah tersebut diantaranya adalah dengan memilih system konstruksi yang akan dipakai dan pemilihan bahan konstruksi yang tepat.

KONSTRUKSI BAJA UNTUK RUMAH TINGGAL

Salah satu system konstruksi yang banyak digunakan untuk pembangunan rumah tinggal, ruko atau bangunan lainnya adalah sitem konstruksi menggunakan baja, ini disebabkan karena berbagai pertimbangan dalam pemilihannya. Pertimbangan pertimbangan mengapa menggunakan konstruksi baja untuk rumah tinggal adalah sebagai berikut :

  • Lebih cepat dalam pekerjaannya sehingga akan menekan cost biaya tukang karena durasi waktu yang diperlukan jadi lebih cepat, yang seharusnya perlu 7 bulan mungkin dengan konstruksi baja bisa hanya 5 bulan sudah selesai.
  • Bisa lebih murah untuk style arsitektur industrial yang tanpa finishing  terlihat rangka rangka baja nya yang langsung di cat tanpa di bungkus beton atau pembungkus lain.
  • Struktur baja memiliki nilai INVESTASI jangka panjang, ketika di bongkar bangunan yang sudah di bangun masih memiliki nilai bukan menjadi puing seperti konstruksi beton.
  • Membangun bangunan komersil seperti ruko, rumah kos 3 lantai, restoran dll menjadi lebih cepat sehingga bisa cepat beroperasi, sehingga lebih menguntungkan.

Bagi Anda yang berencana membangun rumah dengan konstruksi rangka baja, berikut ini ada beberapa informasi yang perlu Anda ketahui, minimum Anda sudah mengerti tentang dasar dasar konstruksi baja agar Anda bisa lebih mantap lagi memilih system konstruksi ini dan dapat bertukar informasi dengan tenaga ahli yang Anda tunjuk untuk melaksanakan proyek Anda.

Pondasi Bangunan

Pada pondasi bangunan rumah dengan rangka baja pada dasarnya sama dengan pondasi bangunan biasa, pondasi ini bertujuan untuk menerima beban bangunan dari atas dan menyalurkan ke dasar bangunan atau tanah yang padat, sehingga bangunan dapat berdiri kokoh. Yang membedakan hanya sambungan untuk dudukan kolom baja yang harus di persiapkan, dudukan rangka baja ini biasa disebut PEDESTAL

Pedestal ini adalah berupa dudukan rangka baja yang terbuat dari beton yang menjadi satu dengan sloof yang sudah diberi angkur angkur baut yang nantinya akan mengikatkan kolom baja dengan struktur bagian bawah ( sloof / pondasi ).

Kolom dan Balok Rangka Baja

Kolom dan balok rangka baja adalah struktur pembentuk yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan konstruksi yang saling mengikat satu dengan yang lainnya, kolom kolom atau tiang akan disatukan oleh balok balok rangka yang akan membuat kokoh bangunan. Dan hubungan kolom dan balok baja ini akan disatukan oleh sambungan sambungan yang bisa menggunakan las atau sambungan baut.

Sambungan rangka kolom dan balok baja diatas adalah contoh sambungan baja yang menggunakan baut, dimana sudah ada perhitungan kekuatan tertentu untuk konstruksi sambungan ini, biasanya bagian sipil yang akan menerima tugas perhitungan sambungan baja ini untuk menghitung kekuatan.

Lantai Untuk Struktur Rangka Baja

Lantai untuk struktur rangka baja biasanya untuk lantai 2 dan lantai berikutnya, banyak pilihan struktur untuk lantai rangka baja ini yang bisa di terapkan, tinggal kita akan memilih struktur / system yang mana, secara kekuatan pastinya memiliki standar kekuatan yang sudah diperhitungkan, dimana setiap M2 luas lantai mampu menahan 250 kg/M2 untuk bangunan rumah tinggal dan bangunan umum seperti masjid, mall dll setiap M2 mampu menahan 400 kg/M2.

Gambar diatas adalah Foto Balok Baja yang berfungsi sebagai balok penopang plat lantai yang menggunakan bondek sebagai struktur utama lantai beton, penggunaan plat bondek saat ini adalah pilihan yang banyak digunakan untuk struktur rangka baja, disebabkan karena pengerjaannya yang mudah dan bahan yang tersedia di pasaran juga banyak dan terjangkau, juga akan menghemat penggunaan kayu2 atau penahan steger yang akan digunakan.

Untuk penggunaan plat bondek ini masih tetap menggunakan rangka besi beton satu lapis sebagai struktur pengaku atau tulangan tumpuan yang akan memperkuat plat lantai dari lendutan. Bisa menggunakan besi beton yang di anyam manual atau besi wiremesh ukuran 8 mm atau 10 mm tergantung perhitungan struktur.


Panel Lantai Beton Ringan

Salah satu produk untuk lantai dari bangunan konstruksi baja yang bisa Anda pilih adalah Panel Beton Ringan. Panel beton ringan ini dibuat berdasarkan ukuran pabrikasi dengan lebar panel 60 cm dan panjang rata rata 3 meter atau sesuai pesanan, panel beton ringan ini sangat mudah pemasangannya, hanya tinggal menumpang di balok balok besi kerangka yang sudah terpasang dan menyambung sambungan dengan adukan atau perekat lainnya.

Nah demikian ulasan kami untuk Struktur Rangka Baja untuk bangunan yang bisa diterapkan untuk bangunan rumah tinggal, ruko atau kantor dan bangunan lainnya, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda sebagai referensi untuk memilih sistem konstruksi bangunan yang akan di pakai.

UNTUK KONTRAKTOR BANGUNAN BAJA

Bp. Widi Sudarmoko ST
HP/WA : 0821 228 28 228
www.bangun-rumah.com