9 Feng Shui Pembawa Keberuntungan Pada Rumah Tinggal

9 Feng Shui Pembawa Keberuntungan Pada Rumah Tinggal

Bangun-rumah.com │Menerapkan ilmu feng shui akan membuat aliran energi positif ada pada rumah kita, namun sayangnya tidak semua orang tahu tentang ilmu feng shui. Bagi Anda yang belum tahu, feng shui merupakan ilmu untuk menyeimbangkan energi dari tempat tertentu, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan keberuntungan dari penghuni tempat tersebut. Feng shui yang berasal dari Tiongkok ini adalah ilmu seni dan pengetahuan yang rumit, yang mengikuti hukum Langit (Astronomi China) dan Bumi. Feng shui tentang rumah tinggal sudah di temukan dan dikembangkan sejak ribuan tahun yang lalu. Feng shui sendiri memiliki arti angin dan air.

Ilmu feng shui sangat baik dan bermanfaat untuk di terapkan pada rumah tinggal. Feng shui yang di terapkan dengan tepat, akan berfungsi menjaga keseimbangan dan keharmonisan penghuni rumah , yang mana keseimbangan dan keharmonisan akan membawa hoki atau keberuntungan. Nah bagi Anda yang ingin memiliki rumah tinggal yang bisa membawa hoki atau keberuntungan, tidak salah jika menerapkan ilmu feng shui pada rumah tinggal dengan cara mengikuti tata letak rumah yang di atur sesuai dengan feng shui.

Berikut ini adalah 9 elemen feng shui pembawa keberuntungan pada rumah tinggal :

  1. Warna Eksterior Rumah

Dalam feng shui pemilihan warna eksterior ( area luar) rumah penting untuk menentukan apakah hunian Anda tersebut bisa mendatangkan hoki atau tidak. Yang harus diperhatikan disini adalah arah mata angin rumah Anda, apakah rumah Anda menghadap ke Selatan, Utara, Barat atau Timur. Setelah mengetahuinya gunakan panduan warna sesuai Feng Shui ini, jika rumah tinggal Anda menghadap ke Selatan gunakan warna merah, jika menghadap Utara pakailah warna biru, untuk Timur gunakan warna hijau, sedangkan untuk rumah yang menghadap ke Barat pilihlah warna putih.Warna-warna tersebut di dalam feng shui di percaya akan mengundang banyak kesempatan emas, meningkatkan kemakmuran dan juga kesuksesan karir.

  1. Warna Interior Rumah

Agar tercipta keseimbangan, warna interior (area dalam) rumah juga perlu di atur dengan cara yang sama, dengan terlebih dahulu mengetahui arah mata angin dari interior rumah yang paling dominan. Contohnya area dapur, perhatikan arah dari letak kitchen set atau kompor. Di area ruang keluarga, perhatikan di mana posisi sofa yang sering diduduki penghuni rumah. Setelah mengetahui arah mata angin yang dominan, terapkan warna dari ruangan tersebut sesuai Feng Shui. Berikut pengaturan warnanya, untuk arah Tenggara, Barat Daya, Timur Laut  pilihlah warna kuning. Untuk arah Barat Laut pilih warna hijau, dan untuk Selatan dan Timur pilih warna putih. Sedangkan untuk arah Utara pakai warna merah, dan terakhir arah Barat pilihlah warna hijau. Selain membawa keberuntungan, warna tersebut akan melancarkan energi positif yang baik untuk kesehatan dan kestabilan hubungan Anda dengan pasangan.

  1. Pintu Utama Rumah

Pintu utama merupakan jalur utama masuk dan keluarnya energi ke dalam rumah, di dalam feng shui keberadaan pintu utama dianggap dapat mempengaruhi hubungan harmonisasi dalam rumah tangga termasuk dalam urusan rezeki. Pemilihan pintu utama yang tepat sesuai feng shui akan mempengaruhi keberuntungan penghuni rumah, berikut adalah cara memilih pintu utama yang sesuai dengan aturan feng shui : Jika rumah Anda menghadap arah Selatan, Utara, Tenggara, Timur Laut, disarankan untuk menggunakan pintu berbahan kayu, karena akan hal ini akan menepis energi negatif masuk ke dalam rumah. Sementara untuk rumah tinggal arah Barat dan Barat Daya disarankan menggunakan menggunakan pintu berbahan kayu atau logam.

Untuk warna pintu , rumah yang menghadap Utara di sarankan untuk menggunakan warna pintu coklat kayu,  arah Timur menggunakan warna coklat kayu, abu-abu, dan biru tua, untuk arah Selatan gunakan warna coklat kayu.  Untuk arah Barat gunakan warna cat putih, kuning muda, coklat muda, sementara untuk Utara warna putih dan coklat, dan untuk Timur Laut berwarna putih. Agar keberuntungan yang masuk ke rumah tidak terhalang, posisi pintu utama janganlah terhalang dengan benda, contohnya kursi atau pohon yang berada di luar rumah.

  1. Langit-langit Rumah

Di dalam feng shui, langit-langit rumah adalah symbol dari langit, di sarankan untuk membuat langit-langit rumah yang cukup tinggi, selain bagus untuk sirkulasi udara alami, langit rumah yang tinggi akan melancarkan energy positif dan baik menyebar ke dalam rumah tinggal Anda.

  1. Tangga Rumah

Di dalam ilmu feng shui, penempatan dan bentuk tangga dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga. Tangga rumah adalah saluran energy  untuk di bawa ke atas atau ke bawah dan di sebarkan keseluruh tingkat, oleh karena itu jarak tangga dengan pintu depan janganlah terlalu dekat, kemudian jangan buat tangga yang menghadap kamar mandi dan pilihlah tangga dengan bentuk U atau L karena bentuk tangga seperti itu dianggap membawa keberuntungan bagi penghuni rumah.

  1. Jendela Rumah

Posisi jendela yang membawa keberuntungan menurut fengshui diletakkan di tempat yang memberi pemandangan yang baik, contohnya jendela menghadap taman dan kolam ikan, hal ini akan membuka jalan masuk keberuntungan ke rumah setiap harinya. Jangan membuat terlalu banyak jendela disetiap sisi dinding di rumah, karena banyak jendela malah akan membuat aliran kekayaan yang akan masuk ke rumah menjadi terganggu.

  1. Dapur

Menurut tata letak feng shui,dapur tidak boleh dekat pintu utama karena energi positif akan cepat hilang, karena itu di sarankan posisi dapur berada di belakang rumah. Untuk mendatangkan energi positif, disarankan untuk meletakkan vas bunga atau wadah berisi buah apel atau jeruk di area tengah dapur atau letakkan diposisi mengarah kea rah mata angin Tenggara. Letakkan kompor di posisi berhadapan dengan pintu dapur. Jagalah dapur tetap bersih dan simpan peralatan dapur di dalam lemari dan laci, jangan biarkan alat-alat pemotong yang tajam seperti pisau dan gunting berserakkan di dapur. Menurut feng shui, hal ini akan memotong energi positif yang masuk ke dalam rumah.

  1. Kamar Tidur

Menurut tata letak Feng Shui, posisi ranjang harus menjauh dari pintu masuk kamar tidur, namun pintu kamar harus dapat Anda lihat jika Anda sedang berada di tempat tidur. Kaki-kaki tempat tidur tidak boleh berada tepat di depan pintu kamar .Selain itu headboard atau kepala tempat tidur harus tersangga oleh dinding. Tempat tidur tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah agar energy positif dapat bersirkulasi dengan baik dibawah ranjang Anda.

  1. Kamar Mandi

Kamar baik yang baik menurut feng shui sebaiknya terletak di sudut belakang rumah dan tidak di bagian depan sejajar dengan dinding luar. Kalau letaknya harus ada di ruang keluarga atau kamar tidur, sebaiknya posisinya sedikit tersembunyi dengan ventilasi alam yang baik contohnya ada jendela yang bisa mengakses ke taman atau ruang terbuka. Pintu kamar mandi jangan bertatapan dengan pintu ruang lainnya. Bila harus bertatapan, disarankan mengeser salah satu pintu atau memberi satu penyekat masif diantara dua pintu yang bertatapan. Jaga selalu kebersihan kamar mandi dan jangan biarkan pintu kloset dan pintu kamar mandi dalam kondisi terbuka. Pintu kloset dan pintu kamar mandi yang dibiarkan terbuka, menurut fengshui itu sama saja membiarkan uang hasil jerih payah kita mengalir keluar begitu saja.

Demikian ulasan tentang elemen feng shui, yang bisa diterapkan pada rumah tinggal Anda, agar rumah yang Anda huni membawa hoki dan keberuntungan serta keharmonisan hubungan Anda dan pasangan.