Desain Eksterior Rumah Klasik Modern 3 Lantai

Desain Eksterior Rumah Klasik Modern 3 Lantai

Arsitek desain rumah – Setiap orang pasti memiliki bayangan tentang wujud rumah tinggal yang ingin dibangun dan di huni bersama orang-orang tersayang. Ada orang yang ingin memiliki rumah dengan desain minimalis, rumah dengan desain modern, atau bahkan rumah dengan desain klasik. Rumah yang dibangun biasanya merupakan perwujudan kesukaan personal dari pemilik rumah terhadap suatu desain.

Pada kesempatan kali ini, yang akan dibahas adalah eksterior rumah dengan desain klasik modern. Rumah berdesain klasik biasa identik dengan rumah yang terkesan kuno, kaku dan berukuran besar. Seiring berkembangan jaman, rumah dengan konsep klasik banyak yang di padukan dengan rumah dengan konsep modern, sehingga tercipta rumah dengan nuansa klasik namun dinamis dan tidak kaku. Rumah klasik modern 3 lantai berikut ini adalah salah satu contohnya :

Rumah ini dibangun oleh sang pemilik di atas lahan seluas 10×21 m2, pemilik rumah menginginkan sebuah hunian bergaya klasik namun tidak terlalu kaku dan tetap menampilkan kesan mewah serta elegan. Model desain rumah yang cocok dan sesuai dengan keinginan pemilik adalah rumah berkonsep klasik yang dipadukan dengan rumah berkonsep modern. Rumah klasik ini memiliki 3 lantai, yang terdiri dari lantai dasar, lantai pertama, dan lantai kedua. Dibangun di atas lahan dengan luas 210 m2 yang tidak terlalu luas, hunian dengan desain klasik ini memiliki 6 buah kamar tidur yang cukup untuk menampung satu keluarga.

Tampilan eksterior rumah ini tampak mewah dan elegan, dengan 2 buah pilar besar dari beton yang di letakkan di depan entry masuk pintu utama. Di depan pintu utama terdapat tangga yang digunakan sebagai penghubung eksternal dari lantai dasar menuju ke lantai satu. Untuk menampilkan kesan asri dan tidak kaku, di kanan kiri tangga menuju pintu utama di sisakan sedikit lahan kosong untuk menanam rerumputan atau untuk meletakkan pot tanaman hias. Perpaduan desain klasik dan modern juga tampak pada pemilihan pagar rumah, pagar yang dipilih menggunakan material tembok berornament batu alam dengan desain modern yang di padukan dengan pintu gerbang yang terbuat dari besi dengan motif ukir klasik yang menonjolkan kesan dari rumah klasik.

Pintu utama yang terletak di lantai satu terbuat dari kayu solid dengan cat warna putih yang identik sebagai warna pintu dari rumah berdesain klasik, di atas pintu utama di letakkan jendela kaca persegi dengan bagian atas berbentuk setengah lengkungan. Masih di lantai satu, jendela kaca dengan kusen kayu bercat putih, menampilkan sisi modern dari eksterior rumah klasik ini.  Selanjutnya bangunan di lantai dua,  tampak dua buah balkon dengan jeruji besi tipis namun kuat, dengan besi ukiran bermotif klasik, yang menonjolkan tampilan mewah pada hunian klasik ini. Di balik balkon dan masih di lantai dua, kembali di letakkan dua buah jendela kaca dengan kusen kayu berwarna putih dengan desain modern yang cantik.

Warna cat yang biasa di pilih untuk di aplikasikan pada rumah berdesain klasik adalah cat dengan warna lembut yang menampilkan kesan elegan dan anggun. Pemilik rumah klasik modern berlantai 3 ini, memilih untuk mewarnai rumahnya dengan cat warna abu-abu semu yang di padukan dengan warna putih. Tampilan eksterior rumah semakin di percantik dengan dua buah ornamen jendela kaca bulat berbentuk lingkaran penuh, dengan kusen yang terbuat dari gypsum bercat warna putih, yang di letakkan persis di posisi tengah bangunan pada lantai satu dan lantai dua rumah. Perpaduan yang apik antara ornamen klasik dan ornamen modern yang di aplikasikan pada eksterior bangunan rumah, serta sentuhan akhir eksterior, dengan  pemilihan atap rumah berbentuk limas, semua perpaduan itu semakin menonjolkan nuansa klasik modern yang mewah dan elegan pada keseluruhan tampilan eksterior rumah.