Desain Wallpaper Dinding Rumah Terbaru

Desain Wallpaper Dinding Rumah Terbaru

Arsitek desain rumah – Setiap orang pasti mengidamkan memiliki rumah yang indah dan nyaman, dan setiap orang memiliki cara dan selera berbeda untuk mendekorasi rumah mereka agar tampil cantik dan memikat. Tampilan rumah yang memikat tidak hanya terletak pada bagian eksterior rumah saja, interior rumahpun memiliki peran penting untuk mewujudkan keindahan tersebut, salah satu caranya antara lain dengan mendekorasi dinding interior di rumah, menggunakan wallpaper atau kertas dinding. Selain menggunakan cat dinding yang biasa di pakai oleh kebanyakan orang, wallpaper merupakan alternative lain untuk memberikan pewarnaan pada dinding interior agar tidak terlihat polos dan membosankan.

Wallpaper merupakan model hiasan dekorasi  yang biasa di aplikasikan pada dinding interior rumah serta menunjang keindahan interior. Ada banyak sekali pilihan motif dari wallpaper untuk dinding di rumah, mulai dari wallpaper dengan motif bunga-bunga, wallpaper motif garis-garis, wallpaper motif geometris, wallpaper motif abstrak, wallpaper motif klasik, dan lain sebagainya. Wallpaper juga memiliki banyak variasi warna yang bisa dipilih dan di sesuaikan dengan tema dari desain interior ruang di rumah. Jika tema interior ruangan di rumah adalah minimalis, pilihlah wallpaper dengan motif simple dan tidak terlalu ramai, contohnya adalah motif garis-garis yang akan menghadirkan nuansa sentuhan moderen, juga berkesan tegas namun elegan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk menciptakan kesan variatif dan nuansa berbeda dari setiap sudut rumah, sama seperti halnya dengan menggunakan cat dinding, pengaplikasian wallpaper pada tiap ruang bisa dengan motif dan warna yang berbeda, tinggal di cocokkan sesuai dengan tema dari setiap ruangan. Pemasangan wallpaper yang berhasil dan akan terlihat indah,  jika wallpaper yang dipasang tampak menyatu dengan ceiling dan dinding ruangan. Selain itu, agar tidak muncul warna yang bertabrakan dan tidak sesuai, sebaiknya pilih motif dan warna wallpaper yang menyatu dengan warna furniture atau perabotan yang ada di dalam ruangan.

Jika saat ini Anda berminat untuk mendekorasi dinding ruangan di rumah dengan wallpaper, berikut ini adalah contoh cara untuk menghitung kebutuhan wallpaper di rumah.

Apabila ruangan di rumah Anda memiliki luas 4m x 4m dengan tinggi dinding (dari lantai ke plafond) setinggi 3,5m, dan wallpaper yang akan digunakan memiliki ukuran 10 m x 0,50 m.

Luas bidang dinding = ((panjang dinding + lebar dinding)x 2) x tinggi ruang

= ((4m + 4m)x 2) x 3,5m

= (8m x 2) x 3,5 m

= 16 m x 3,5 m = 56 m2.

Luas bidang wallpaper 1 roll = panjang wallpaper x lebar wallpaper

= 10m x 0,50 m

= 5 m2.

Bahan yang dibutuhkan = Luas bidang dinding / luas bidang 1 roll

= 56 m2 / 5 m2

= 11, 20 dibulatkan menjadi 12 roll

Maka jumlah wallpaper yang dibutuhkan sebanyak 12 roll.

Namun sebaiknya untuk menghindari kekurangan wallpaper akibat kesalahan saat pemotongan, lebih baik Anda siapkan cadangan 10 persen dari volume yang ada.

= 12 + (12 x 10%) = 12 + 1,2 = 13,2 dibulatkan menjadi 14 roll.

Dengan mempersiapkan cadangan wallpaper  sebanyak 10% , Anda tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan bahan wallpaper jika terjadi kesalahan pemasangan.