Desain Rumah Tumbuh

Desain Rumah Tumbuh

Bangun-rumah.com | Artikel kali ini kami akan membahas mengenai Desain Rumah Tumbuh, dimana artikel ini adalah jawaban yang sering di pertanyakan tentang Desain Rumah Tumbuh oleh klien yang sering kami hadapi ketika memberikan konsultasi desain rumah.  Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita gali terlebih dahulu arti dari ” Rumah Tumbuh ” atau ” Desain Rumah Tumbuh “.

” Rumah Tumbuh ”  atau ” Desain Rumah Tumbuh ” adalah sebuah upaya perencanaan desain rumah atau pembangunan rumah  yang melalui beberapa tahap pembangunan, tetapi desain rumah tumbuh disini benar benar telah di rencanakan arah pertumbuhannya. Desain Rumah Tumbuh biasanya disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah :

1. Masalah Finansial

Permasalahan finansial biasanya adalah penyebab utama mengapa akhirnya kita memilih alternatif desain rumah tumbuh, biasanya dikarenakan permasalahan finansial ini maka pembangunan sebuah rumah melalui beberapa tahap pembangunan.

2. Masalah Waktu

Masalah waktu bisa juga menjadi penyebab mengapa desain rumah tumbuh di ambil sebagai solusi pembangunan secara bertumbuh atau bertahap. Biasanya dikarenakan waktu yg di perlukan sangat mendesak maka tahapan pembangunan di bagi menjadi beberapa tahap pembangunan.

3. Masalah Kebutuhan Ruang

Masalah kebutuhan akan ruang yang belum terlalu besar bisa juga menjadi penyebab solusi desain rumah tumbuh di ambil, misalnya ketika seseorang baru menikah dan memiliki 1 orang anak, maka kebutuhan ruang untuk rumah tinggalnya masih belum terlalu banyak, sehingga memutuskan mendesain rumah tumbuh untuk solusi kebutuhan yang ada saat ini, dan merencanakan pertumbuhannya nanti.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merencanakan Rumah Tumbuh

rumah_tumbuhTetapi dari berbagai alasan penyebab mengapa solusi rumah tumbuh diambil ada beberapa point yang harus di pertimbangkan, sehingga rencana pembangunan rumah tumbuh sesuai dengan harapan dan rencana. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam merencanakan rumah tumbuh ? berikut ini adalah ulasannya.

Arah Pertumbuhan

Harus diperhatikan tentang arah pertumbuhan dari rencana membangun rumah tumbuh tersebut, bertumbuh secara horizontal biasanya disebabkan lahan yang tersedia masih memadai untuk di buat ruang ruang baru pertumbuhan,  bertumbuh secara vertikal jika lahan yang tersedia tidak memadai dan pertumbuhan vertikal adalah solusi yg memang harus di ambil. Alasan pertumbuhan ini adalah penting agar kita bisa menyiapkan apasaja yg di perlukan.

Tahapan Pembangunan

Tahapan pembangunan adalah prioritas prioritas mengenai mana saja yg perlu di lakukan terlebih dahulu mengenai kebutuhan yg di perlukan untuk rumah tumbuh tersebut, apakah membangun satu lantai terlebih dahulu dan merencanakan lantai ke dua berikutnya ? yang terpenting kita sudah merencanakan tahapan pembangunan rumah tumbuh tersebut.

Aspek Struktural

Aspek struktural adalah aspek yang juga harus di pikirkan, terutama jika pembangunan rumah tumbuh tersebut di rencanakan secara vertikal arah pertumbuhannya, kita sudah memikirkan struktur yg di perlukan nanti, misalkan sudah merencanakan pondasi rumah tersebut di peruntukan untuk 2 lantai, kolom kolom utamanya juga sudah di persiapkan dll.

Aspek Arsitektural

Aspek arsitektural juga perlu di pikirkan untuk rumah tumbuh ini, tampilan bentuk bangunan jika masih dalam proses pertumbuhan tentunya belum sesuai dengan perencanaan, oleh karena itu perlu solusi arsitektural sehingga walaupun belum selesai proses pertumbuhan, minimal bentuk bangunan sudah dapat di nikmati secara arsitektural.

Tips Membangun Rumah Tumbuh

  1. Konsultasi dengan Arsitek Desain Rumah
  2. Informasikan mengenai kebutuhan dan budget yang dimiliki saat ini
  3. Mencari alternatif kreatif mengenai bahan bangunan dan konstruksi