Desain Kolam Renang

Desain Kolam Renang

Kali ini Team Bangun Rumah akan menuliskan sebuah artikel tentang Desain Kolam Renang, ini disebabkan banyak permintaan untuk desain rumah yang kami tangani saat ini minta di tambahkan sebuah kolam renang sebagai fasilitas di desain rumah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang Desain Kolam Renang yang baik untuk rumah tinggal :

Siapkan lahan yang cukup untuk kolam renang ini, memang tidak harus terlalu luas tetapi minimum cukup untuk sebuah kolam renang mini di rumah dengan ukuran 3 x 4 misalkan. Jika lahan yang ada memungkinkan untuk di buat kolam renang yang lebih besar, biasanya ukuran yang nyaman untuk kolam renang di rumah adalah 4 x 8 M2, 3 x 8 M2 di tambah area lain seperti taman atau teras di tepian kolam renang.

Faktor keamanan adalah sebuah prioritas utama, disebabkan karena letak kolam renang ini berada di rumah, dimana penghuni rumah anak anak ataupun orang dewasa adalah yang akan menikmati kolam renang tersebut. Sebaiknya kolam renang tidak terlalu dalam, atau letakan bagian kolam renang yang dalam di bagian yang sulit di jangkau atau di beri pengaman yang baik. Disamping kedalaman kolam renang, faktor keamanan untuk kolam renang berkaitan juga dengan material terutama di bibir kolam renang untuk menggunakan bahan penutup yang tidak licin, seperti batu alam, kayu atau keramik yang kasar. Juga kaitannya dengan masalah Mekanikal Elektrikal, sebaiknya harus di cek dengan teliti sebelum kolam renang di gunakan dan harus rutin pengecekan berkala kolam renang tersebut.

Pemilihan System Kolam Renang, sistem sirkulasi air kolam renang juga akan mempengaruhi sebuah tampilan kolam renang di rumah, yang saat ini banyak di gunakan di desain kolam renang untuk rumah tinggal adalah system OVER FLOW, dimana di system ini air kolam renang seperti penuh sampai meluber airnya keluar, memberikan kesan tidak ada batasan antara kolam renang dan bibir kolam renang, memberi kesan lebih luas untuk sebuah kolam renang yang berukuran kecil. System lain adalah system SKIMER BOX, desain kolam renang seperti kebanyakan kolam renang umum, ada bibir kolam renang yang menonjol dan ada pembuangan air kolam renang jika penuh ke bagian bagian saluran / Gutter, di desain kolam renang dengan system ini biasanya untuk kolam renang di rumah dengan lahan yang luas akan cocok.

Pemilihan material finishing kolam renang. Faktor estetika kolam renang akan terasa dalam bentuk tampilannya disebabkan oleh material luar sebagai material finishing, terutama berkaitan dengan warna air, yang disebabkan karena pemilihan keramik kolam renang. Banyak pilihan untuk keramik kolam renang, warna keramik akan menentukan tampilan kolam renang tersebut, pilihlah keramik dengan warna biru tua atau muda atau kombinasi bisa menjadi pilihan, atau kolam renang yang menggunakan penutup batu alam warna hitam abu abu juga akan menarik, memberikan nuansa alami.

Faktor Pendukung Kolam Renang, seperti batu batuan, kayu, taman dan air mancur bisa menambah kesan tersendiri untuk desain kolam renang tersebut. Unsur unsur tersebut harus di desain sebaik mungkin untuk memberikan tampilan kolam renang menjadi lebih baik.

 

Demikian 5 tips untuk desain kolam renang.

 

Bangun-rumah.com