Tinggal di dalam bangunan rumah kayu tentunya memiliki kesan tersendiri bagi Anda, bukan saja hanya merasakan nuansa rumah tinggal yang berbeda jika dibanding tinggal di rumah dengan bangunan tembok/beton biasa, namun merupakan prestise tersendiri karena tidak semua orang bisa membangun sebuah rumah kayu yang nyaman. Membangun rumah kayu bukan saja lebih mahal biaya pembangunannya, namun untuk perawatannya juga butuh perhatian ekstra. Oleh sebab itu bagi pemilik rumah kayu, merawat rumah kayu yang Anda tempati saat ini merupakan hal yang sangat penting.

 

Baca Juga : Memilih Jasa Arsitek Desain Rumah Terdekat

 

Material kayu yang digunakan untuk membangun rumah kayu membutuhkan perawatan ekstra. Rumah kayu yang tidak rutin dirawat akan mengalami pelapukan dan keropos yang lebih cepat yang diakibatkan oleh cuaca dan juga rayap.  Jadi bagaimana cara untuk merawat rumah kayu ? bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini :

Secara Rutin Memberikan Pelapisan atau Coating ulang

Sangat dianjurkan untuk bangunan rumah kayu agar secara rutin melakukan pelapisan atau coating, minimal setiap 6 bulan sekali. Bagian eksterior rumah yang langsung bersentuhan dengan cuaca seperti panas, angin ataupun hujan, penting untuk dilakukan coating untuk mencegah efek buruk dari sentuhan cuaca tersebut yang memang merupakan musuh dari elemen berbahan kayu. Pilihlah pelapisan atau coating yang berkualitas dan juga ramah lingkungan, jangan lupa pilih coating atau pelapis yang sesuai dengan fungsinya, misalkan saja memakai plitur untuk mempertahankan serat kayu agar awet dan tetap terlihat alami.

 

Menggunakan Anti Rayap

Rayap adalah salah satu musuh utama dari kayu. Oleh karena itu perlu lakukan secara berkala pemusnahan dan pencegahan rayap pada rumah kayu Anda. Jika ada bagian kayu yang diserang rayap, segera musnahkan agar tidak merembet ke tempat lain. Dianjurkan untuk rutin melakukan pengecekan di tempat atau area rawan rayap  di rumah kayu Anda atau bisa dengan memakai jasa pest control untuk pencegahan rayap.

 

Rajin Bersih-bersih

Kebersihan bukan saja hanya slogan sebagai bagian dari iman, namun menjaga kebersihan akan membuat Anda sehat dan nyaman. Pada rumah kayu disarankan untuk rutin setiap hari membersihkan kayu dari kotoran dan juga debu yang menempel. Untuk lantai rumah kayu bisa dilakukan dengan cara membershkan dengan airpel dan segera langsung dikeringkan. Sedangkan untuk bagian dinding rumah kayu bisa Anda bersihkan dengan menggunakan lap basah secara rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel yang dapat merusak kayu.

Untuk mencegah agar cat tidak pudar dan mengelupas dan juga untuk memperpanjang usia rumah kayu Anda, pembersihan dengan cara pencucian basah hanya boleh dilakukan sesekali saja, hal ini dikarenakan elemen kayu mudah sekali menyerap lembab yang akan membuat rumah kayu Anda rentan awetnya.

 

Berhati-hati dengan Kebiasaan di Rumah

Tinggal di dalam rumah kayu, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan Anda saat berada di rumah, karena tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa merusak rumah kayu Anda sendiri. Contohnya, kebiasaan menyeret atau menggeser barang atau perabotan saat akan dipindah ke area lain, sekarang harus dihilangkan dan dilakukan dengan cara lain yaitu dengan cara diangkat jangan digeser atau diseret. Perlu dihindari juga benda-benda tajam dari permukaan kayu rumah Anda. Bagi Anda yang suka dengan tanaman, usahakan letak  tanaman kesayangan Anda tidak menutupi dinding-dinding rumah kayu,hal ini dilakukan untuk mencegah lumut atau jamur hinggap di dinding kayu dan juga untuk menjaga kelembaban dinding rumah kayu agar tetap mendapakan sinar matahari.

 

Semoga bermanfaat.