Cara Hemat Dan Mudah Mengecat Rumah Tanpa Tukang

Cara Hemat Dan Mudah Mengecat Rumah Tanpa Tukang

Bangun-rumah.com │ Bete dengan warna dinding rumah yang mulai kusam termakan waktu ? atau ingin mengganti tampilan rumah dengan nuansa yang lebih fresh dan ceria ? ganti saja warna cat dinding di rumah. Anda bisa melakukan pengecatan dinding rumah sendiri tanpa bantuan tukang, mintalah bantuan anggota keluarga di saat libur, selain lebih hemat biaya tanpa harus bayar tukang, juga membuat Anda dan anggota keluarga bertambah dekat.

Berikut ini adalah tips bagaimana mengecat rumah sendiri tanpa harus membayar tukang :

  1. Membersihkan permukaan dinding yang akan di cat

Persiapkan dinding yang akan di cat dengan cara membersihkannya dari debu, kotoran, dan minyak. Dinding dengan noda minyak dan kotoran akan membuat hasil cat tidak merata dan tidak halus. Untuk membersihkan dinding sebelum di cat, Anda bisa menggunakan air dicampur dengan sedikit detergen, kemudian gunakan spon selulosa untuk menggosok permukaan dinding dengan air yang telah di campur detergen tersebut. Gosoklah hingga bersih, kemudian bilas dengan air untuk menghilangkan sisa detergen, dan biarkan hingga dinding mongering.

  1. Lindungi bagian yang tidak ingin di cat dengan lakban, kertas, atau pita perekat

Bagian-bagian yang biasanya dilindungi agar tidak terkena cat antara lain pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai, serta kaca jendela yang harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Setelah selesai, segera cabut lakban atau pita perekat sebelum cat dinding mongering, dan agar cat tidak ikut tercabut.

  1. Tutup retakan jika ada dinding yang retak

Untuk menutup retakan pada dinding, Anda bisa menggunakan dempul tembok atau plamir. Oleskan dempul pada celah dinding yang retak, lalu ratakan sampai halus dengan menggunakan amplas. Setelah itu agar hasil akhir pengecatan rata dan mengkilap, jangan lupa olekan primer cat, yaitu cairan yang di aplikasikan sebelum melakukan pengecatan.

  1. Kuas kecil untuk mengecat bagian yang sempit

Gunakan kuas kecil selebar 2 inci, untuk mengecat area dinding yang sulit, seperti sudut ruangan, dan untuk dinding di area yang luas, Anda bisa menggunakan roller untuk mengecat.

  1. Mengecat zig-zag

Untuk memperoleh hasil pengecatan yang maksimal dan merata, Anda bisa menggunakan trik mengecat dinding dengan cara zig- zag, yaitu dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata dengan cat. Kemudian setelah 2-3 jam, lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya, untuk meratakan warna permukaan dinding, Anda bisa menggunakan roller.

  1. Ulangi pengecatan

Pastikan pengecatan yang Anda lakukan sudah maksimal, namun jika di rasa hasilnya masih kurang sempurna, Anda bisa ulangi pengecatan sekali lagi. Bersihkan dengan lap basah, cipratan cat yang jatuh ke lantai.

  1. Membersihkan peralatan

Agar peralatan mengecat yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan lagi, segera bersihkan peralatan dengan mencucinya menggunakan air bersih. Jika masih ada sisa cat, tutup rapat kemasan, simpan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Semoga ulasan tentang cara hemat dan mudah mengecat tanpa tukang, bisa bermanfaat bagi Anda, dan selamat mencoba.