Yang perlu diketahui sebelum membuat kolam renang pribadi di rumah adalah beberapa system yang biasa di terapkan di kolam renang. Ini adalah penting karena ke tiga system ini memiliki cara kerja yang berbeda. Dan Anda bisa menentukan memilih system mana untuk rencana kolam renang Anda.

TIGA SYSTEM KOLAM RENANG MANA YANG ANDA PILIH ?

 

#1. SYSTEM SIRKULASI SKIMMER

Adalah system kolam renang yang menerapkan acessories skimmer box di bagian pinggir atau bibir kolam renang atau biasa disebut bagian toping kolam renang dengan ciri ciri tidak adanya air flow ke bagian tepi kolam. dan ciri lainnya adalah biasanya kolam skimmer memiliki level ketinggian air kolam 10 cm di bawah toping bibir kolam renang. Kolam renang dengan system skimmer ini biasanya dipilih karena lahan yang sempit dan minimalis. Berikut contoh kolam skimmer :

Kolam Renang Dengan System Skimmer

 

#2. SYSTEM SIRKULASI SEMI OVER FLOW

Ciri kolam renang dengan system semi over flow ini adalah bagian air kolam yang tumpah sebagian di sisi lebar atau sisi panjang dari kolam renang tersebut kolam renang ini memiliki saluran flow dan memiliki bak balancing tank dikatakan semi over flow karena bagian yang tumpah atau meluber hanya sebagian saja kolam renang dengan system ini biasanya diterapkan di area berkontur dan ingin menyajikan kolam renang memiliki kesan seperti air terjun. kolam renang dengan system ini biasanya mengambil konsep kolam renang Infinity dan kolam renang Edge. Berikut contoh kolam semi over flow :

Kolam Renang Semi Over Flow

 

#3. SYSTEM SIRKULASI OVER FLOW

System ini sama dengan system semi over flow yang mempunyai saluran flow atau gutter dan memiliki bak balancing tank. yang membedakan di system over flow ini adalah air yang tumpah tidak hanya di bagian sisi lebar atau sisi memanjangnya tetapi meluap di seluruh sisinya. sehingga kolam renang system ini di beri nama system over flow. Untuk kolam renang dengan system over flow ini biasanya di tempatkan di area yang luas dan datar.

Kolam Renang System Over Flow

 

Dari penjelasan mengenai system kolam renang di atas kami berharap Anda bisa menentukan system sirkulasi kolam renang mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda.

 

Baca Juga : Biaya membangun rumah Per M2 Tahun  2019

 

RINCIAN BIAYA PEMBUATAN KOLAM RENANG

Bagi Anda yang berencana membangun kolam renang di rumah pastinya ingin mengetahui berapa anggaran yang harus disiapkan untuk keperluan membangun kolam renang tersebut. Sistem mana yang akan di ambil dan bagaimana perawatan dan biaya rutin yang harus di keluarkan untuk pemeliharaan kolam renang itu. Dalam artikel ini akan di jabarkan anggaran yang di perlukan untuk pembuatan kolam renang silahkan di baca secara berurutan dan sampai selesai agar Anda bisa jelas dan paham.

 

BIAYA PEMBUATAN KOLAM RENANG

Misalkan Anda akan membangun kolam renang di rumah dengan ukuran lebar 4 meter dan panjang 10 meter dengan kedalaman 1.5 meter. Berapa anggaran biaya yang diperlukan sampai kolam renang tersebut selesai dan siap digunakan untuk berenang dengan keluarga. Berapa biaya masing masing pekerjaan pembbuatan kolam renang :

  1. Berapa biaya pembuatan kolam renang ( konstruksi sampai selesai )
  2. Berapa biaya pembelian peralatan kolam renang ( dari pompa filter sampai accessories )
  3. Berapa biaya pembuangan tanah galian dan pembersihan
  4. Berapa biaya pengisian air kolam renang baru
  5. Berapa biaya water treatment air kolam renang

Nah dengan membagi pekerjaan kolam renang ini Anda akan semakin jelas dan clear mengenai berapa biaya pembuatan kolam renang tersebut.

    1. Biaya pembuatan kolam renang dari penggalian sampai konstruksi dan pekerjaan pemasangan keramik juga instalasi air dan kelistrikan untuk saat ini adalah Rp 3.9 juta per M2 luas kolam renang. Luas kolam renang adalah 4 meter x 10 meter = 40 meter2. Maka biaya pembuatan konstruksi adalah 40 M2 x Rp 3.9 juta = Rp 156 juta.
    2. Biaya perlengkapan kolam renang seperti pompa dan filter dengan ukuran 4 meter x 10 meter dengan kedalaman 1.5 meter = 60 M3 air Biaya untuk pompa dan filter air dengan volume air kolam 60 M3 adalah kurang lebih Rp 33 juta menggunakan pompa berkualitas baik dengan standar internasional.
    3. Biaya pembuangan tanah galian dan pembersihan lokasi. Dengan volume tanah galian 60 M3 maka jika pembuangan tanah setiap M3 nya adalah Rp 150 ribu maka biaya pembuangan tanah adalah Rp 9 juta.
    4. Biaya pengisian air kolam renang. Agar lebih praktis dan air kolam renang juga berkualitas bagus kami biasa membeli air menggunakan mobil tangki dengan kapasitas 8 M3 per tangki. Berarti untuk mengisi kolam renang adalah 60 M3 / 8 M3 = 7.5 tangki. Perlu tambahan air untuk mengisi ruang filter dan pompa jadi total 8 tangki yang di perlukan. Per tangki air biasa di jual Rp 550 ribu x 8 tangki = Rp 4.4 juta untuk air kolam renang.
    5. Biaya water treatment air kolam renang. Dengan volume 60 M3 air kolam renang dibutuhkan bahan bahan untuk water treatment dan juga tenaga kerja yang mengerjakan pekerjaan water treatment tersebut. Biayanya adalah Rp 1.5 juta sampai air kolam renang bersih dan siap digunakan.

Jadi total keseluruhan untuk pembuatan kolam renang ada 5 pekerjaan yang harus di kerjakan sampai akhir dan total biaya keseluruhan untuk kolam renang ukuran lebar 4 x panjang 10 meter dengan kedalaman 1.5 meter adalah : adalah Rp 203.900.000 atau di genapkan Rp 200 juta sampai kolam renang benar benar siap pakai.

Atau jika kita cek harga per M2 pembuatan kolam renang adalah Rp 200 juta / Luas kolam renang ( 40 M2 ) = Rp 5juta / M2.

Nah demikian artikel mengenai system kolam renang dan rincian biaya pembuatan kolam renang yang bisa kami sajika untuk Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk Anda yang ingin membangun kolam renang dan masih mencari tenaga ahli pembuatan kolam renang yang bisa Anda tunjuk untuk mengerjakannya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

BRP POOLS Kontraktor Kolam Renang
Siap mengerjakan pembuatan kolam renang Anda.
Hubungi kami di HP/WA : 0813 988 988 36