Bangun Rumah Harus Pakai Arsitek

Bangun Rumah Harus Pakai Arsitek

Arsitek desain rumah –   Membangun rumah tinggal sendiri, membangun rumah impian, membangun rumah idaman, apapun sebutannya sudah pasti menjadi cita-cita yang di inginkan semua orang. Rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan terpenting yang ingin di wujudkan oleh setiap orang. Rumah sederhana, rumah mewah, rumah di lahan sempit, rumah di lahan luas, bagaimanapun bentuk rumahnya dan berapapun ukuran rumahnya, rumah menjadi prioritas utama yang ingin di wujudkan semua orang.

Saat ini banyak dijual rumah jadi siap huni, yang bisa langsung di tempati tanpa harus mengalami proses membangun rumah dari awal. Melihat dari bagaimana cara memilikinya, rumah siap huni terbagi menjadi 2 macam, yang pertama adalah memiliki rumah dengan cara membeli rumah siap huni, dengan bangunan baru melalui developer perumahan dan yang kedua adalah memiliki rumah dengan cara membeli rumah siap huni dengan bangunan lama atau bekas, atau rumah yang pernah ditinggali oleh pemilik awal lalu di jual dan kemudian dimiliki oleh Anda. Dengan membeli rumah siap huni Anda tidak akan di sibukkan dengan proses pembangunan rumah dari awal, tinggal bayar lunas atau melalui cicilan KPR dan rumah langsung jadi milik Anda dan siap ditempati.

Namun untuk sebagian orang, untuk memiliki rumah tinggal, ada yang lebih memilih untuk membangunnya sendiri dan melalui proses pembangunan rumah dari awal, mulai dari proses pemilihan lokasi rumah, kemudian melalui proses awal mendesain rumah, dan mengikuti semua proses pembangunan rumah dari awal pondasi hingga rumah berdiri dan bisa di huni. Mewujudkan bangunan rumah tinggal dengan cara terakhir memang memiliki kepuasan batin sendiri, karena dalam proses membangun rumah, Anda akan terlibat secara emosional, mulai dari pemilihan desain model rumah sampai dengan pemilihan bahan bangunan untuk material rumah.

Untuk membangun rumah tinggal dengan cara membangun dari awal terdapat 2 cara, yang pertama adalah membangun rumah dari awal dengan bantuan tukang bangunan tanpa arsitek. Hal ini banyak dilakukan, biasanya untuk menghemat biaya desain dan membayar jasa seorang aristek. Dan yang kedua proses bangun rumah dengan memakai tukang bangunan dan jasa arsitek.Proses pembangunan rumah yang dilakukan hanya dengan bantuan tukang bangunan tanpa arsitek, biasanya akan menghasilkan bangunan rumah yang kurang maksimal dan tidak sebagus bangunan rumah dengan bantuan jasa arsitek. Membangun rumah hanya dengan bantuan jasa tukang bangunan, dalam prosesnya Anda tidak akan pernah tahu pasti berapa anggaran yang nantinya akan dihabiskan untuk membangun rumah sampai dengan selesai, sedangkan membangun rumah dengan jasa arsitek dari awal sudah akan diberitahukan berapa anggaran yang dibutuhkan. Dengan bantuan jasa arsitek rumah yang dibangun akan di desain dari awal dengan melibatkan Anda secara personal sebagai pemilik, dan bangunan rumah yang sudah selesai dibangun akan memiliki desain yang memang Anda inginkan. Hal itu akan sulit terwujud jika mambangun rumah dengan hanya mengandalkan jasa tukang bangunan tanpa bantuan jasa arsitek.

Banyak orang yang tidak mau membangun rumah tinggal mereka dengan menggunakan jasa aristek, karena stigma di masyarakat masih banyak yang berpikir bahwa biaya bangun rumah dengan memakai jasa arsitek itu mahal dan tidak menguntungkan, bahwa membangun rumah dengan hanya menggunakan jasa tukang bangunan saja sudahlah cukup karena lebih hemat biaya dan menguntungkan. Padahal cara berpikir seperti itu adalah keliru.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah tinggal dengan model desain rumah sesuai dengan keinginan namun juga lebih hemat dan lebih menguntungkan, sebaiknya menggunakan jasa arsitek. Berikut ini adalah alasan mengapa membangun rumah dengan menggunakan jasa arsitek ternyata lebih hemat dan menguntungkan :

  1. TAHAP AWAL LEBIH TERENCANA

Sebagai permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm dengan Anda tentang apa saja ruang yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, perlu bangunan bertingkat atau tidak, dan hal-hal terkait. Di sinilah kesempatan Anda  untuk mengeluarkan ide dan model rumah impian. Keluarkan unek-unek Anda soal kamar tidur, dapur kotor dan bersih, gudang untuk menyimpan barang, serta ruangan lainnya.

Arsitek akan mencarikan solusi untuk desain rumah yang ideal. Desain yang sesuai kebutuhan, sesuai dengan budget, namun juga memikirkan aspek lingkungan. Nah, dari hasil obrolan tersebut, arsitek akan memberikan skesta dan juga draft visual (berbentuk gambar 3 dimensi) sebagai bayangan. Di tahap ini, Anda berkesempatan untuk menyesuaikan kembali jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi.

Tentu Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan perkiraan waktu akan Anda dapat juga sehingga Anda lebih bisa mengatur kapan dana awal harus keluar, dan seterusnya. Apalagi kalau Anda berencana untuk melakukan pinjaman di bank. Tim arsitek juga akan membantu untuk mengurus segala sesuatu perijinan yang berhubungan dengan proses pembangunan.

Jika konsultan yang Anda pilih menerima jasa membangun (built) juga, maka satu paket lebih efisien dan memudahkan pekerjaan. Namun jika nggak, arsitek pasti akan ngasih Anda referensi kontraktor.

  1. TATA LETAK RUANG LEBIH EFISIEN

Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruangnya, di mana letak jendelanya, berapa tinggi pintunya, bagaimana hubungan antar-ruang dan hal-hal detil lainnya. Beberapa arsitek juga memikirkan soal fengshui tiap ruangan agar bisa membawa hoki bagi pemiliknya. Selain itu, Anda juga akan punya area resapan dan halaman yang lebih terjaga karena memang nggak semua lahan hijau bisa Anda tutupi dengan bangunan.

Kalau Anda memiliki rencana jangka panjang untuk mengembangkan rumah Anda (akan menjadi tingkat, atau akan membuat lebih lebar), arsitek akan mempertimbangkannya dari awal. Misal kualitas pondasi dan struktur yang lebih kuat, posisi tangga akan diletakkan di mana, dan lainnya.

  1. STRUKTUR DAN BAHAN BANGUNAN DAPAT DI SESUAIKAN

Hal mendasar yang tak kalah penting, arsitek akan merancang pondasi, struktur bangunan, hingga material luar yang akan digunakan dengan sebaik dan efisien mungkin. Namun kalau menggunakan jasa arsitek, tandanya Anda juga bisa menekan budget dengan menghilangkan beberapa ornamen bangunan misalnya.

  1. PASKA TERBANGUN LEBIH TERJAGA

Dalam proses pembangunan, tentu arsitek akan mengawasi dan mengontrol prosesnya, memastikan gambar kerja terbangun dengan presisi. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan. Seperti gambar denah, site plan (gambar bangunan dan lingkungan sekitar), gambar detil struktur dan lainnya. Gambar ini akan berfungsi jika suatu hari Anda akan melakukan renovasi. Arsitek juga bisa memberi Anda referensi desainer interior, ahli taman, bahkan desainer pencahayaan (lighting) jika dibutuhkan.

Dari penjelasan di atas, dapat di gambarkan bahwa membangun rumah menggunakan jasa aristek memang membutuhkan dana yang besar di awal, tapi bangun rumah dengan jasa arsitek dijamin Anda akan lebih mudah untuk mewujudkan rumah impian sesuai dengan harapan, rumah ideal yang di idamkan, yang akan di tempati Anda dan orang-orang tercinta. Dan membangun rumah dengan menggunakan jasa arsitek, Anda akan lebih hemat, hemat dari segi biaya maupun waktu, juga akan menguntungkan dari segi kepuasan personal karena rumah impian Anda terwujud sesuai dengan yang diinginkan.