Bagaimana Menciptakan Ruang Tidur Yang Tenang dan Bikin Rileks

Bagaimana Menciptakan Ruang Tidur Yang Tenang dan Bikin Rileks

Arsitek desain rumah – Tidur yang cukup salah satu cara menjaga stabilitas kondisi tubuh manusia. Setelah seharian penat dengan rutinitas kerja, pasti setiap orang menginginkan pulang ke rumah dan beristirahat. Tidur nyenyak adalah cara untuk beristirahat yang paling efektif dan merupakan hal penting sebagai cara untuk hidup sehat. Bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak di rumah tentu harus di tunjang dengan suasana ruang tidur yang tenang dan nyaman dan bisa membuat Anda rileks. Berikut adalah bagaimana cara untuk menciptakan ruang tidur yang tenang, nyaman dan bikin rileks :

  1. Pilih warna ruang yang meneduhkan

Warna-warna hangat dan terang sangat tidak dianjurkan sebagai warna untuk ruang tidur, karena warna tersebut bisa memacu energy yang akan membuat Anda kerap terbangun di malam hari, warna terang juga membuat mata sakit dan sulit untuk rileks. Pilihlah warna yang memiliki sifat dingin karena akan memberi efek menenangkan dan relaksasi, misalkan warna biru, ungu tua dan abu-abu.

  1. Taruh tempat tidur di posisi yang tepat

Letakkan tempat tidur menghadap posisi pemandangan yang menarik yang Anda sukai, hal ini merupakan cara yang tepat untuk mengundang Anda segera masuk ke ruang tidur dan beristirahat.

  1. Gunakan penutup jendela yang gelap

Suasana gelap sangat efektif untuk membantu Anda tidur dengan nyaman dan tenang. Pilihlah bahan penutup jendela dengan bahan yng bisa menyaring sinar matahari secara alami. Yang akan membuat suasana  ruang tidur tetap nyaman dan bikin rileks walau di siang hari.

  1. Desain kamar tidur seminimalis mungkin

Untuk membantu Anda rileks dan menyegarkan tubuh serta pikiran setelah seharian lelah dengan rutinitas, desain ruang tidur  minimalis dengan desain simple dan tanpa pernak pernik  yang bikin ramai dan sumpek suasana ruang tidur, merupakan pilihan tepat.

  1. Mengatur sirkulasi ruang tidur

Untuk mempermudah keluar masuk ke ruang tidur, aturlah sirkulasi ruang di sekitar tempat tidur Anda. Pilihlah ukuran tempat tidur ataupun furniture lainnya yang tidak menghabiskan tempat di ruang tidur.

  1. Mengatur pencahayaan di ruang tidur

Pencahayaan yang tepat akan membuat ruang tidur Anda menjadi tempat yang tenang dan bikin rileks, pencahahayaan yang tenang dan lembut akan menciptakan efek menenangkan. Selain lampu di samping tempat tidur, lampu dinding juga merupakan pilihan yang tepat untuk pengaturan cahaya yang tenang dan lembut di ruang tidur.

  1. Mengatur sirkulasi udara

Kipas angin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak menyukai ruang tidur ber-AC, karena kipas angin bisa membantu sirkulasi udara yang bagus dan membantu Anda tidur dengan nyenyak dan nyaman. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kipas angin di ruang tidur Anda agar tetap menghasilkan udara yang segar dan bersih.

  1. Bebaskan dari gadget dan barang elektronik lainnya

Singkirkan barang-barang gadget dan elektronik lainnya seperti hp, komputer dan televisi, dan jangan membawa pekerjaan kantor ke ruang tidur, karena itu hanya akan mengalihkan keinginan Anda untuk beristirahat dan bisa mengganggu kenyamanan dan membuat Anda sulit untuk rilek dan tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Semoga setelah membaca tips tadi, Anda bisa menciptakan sendiri ruang tidur yang tenang dan bikin rileks yang bisa membuat Anda tidur dengan nyenyak dan nyaman.