Nyaris semua pelaku pencurian memanfaatkan pintu rumah sebagai akses untuk masuk kedalam rumah dan melakukan kejahatan. Karena itu salah satu solusi untuk mengamankan rumah dan keluarga dari tindakan jahat adalah dengan membuat pintu anti maling. Anda tidak harus melakukan semua yang dianjurkan artikel ini, namun tidak akan merugikan juga jika Anda mencoba salah satu cara yang disarankan oleh artikel ini demi keamanan dan kenyamanan rumah Anda sendiri. Dan tidak dapat dipungkiri jika rumah dengan pintu yang kuat dan kokoh, dengan gerendel pintu yang mumpuni dan frame pintu yang kuat akan membuat pencuri semakin sulit untuk masuk paksa aau mendobrak pintu rumah Anda.

 

Baca Juga : Desain Rumah 9 x 15 M2 Dua Lantai Ada Mushola

 

Lalu, bagaimana caranya membuat pintu anti dibobol maling ?

 

  • Memilih Material Pintu Yang Kuat

Material pintu yang dipilih sebaiknya haruslah material yang kuat dan solid, dan juga tidak mudah di dobrak atau dihancurkan. Jadi jika Anda menginginkan kayu sebagai material atau bahan pintu rumah, pilihlah kayu asli yang solid dan kuat, contohnya saja kayu jati, Selain material pintu dari kayu jati, Anda juga bisa memilih pintu rumah berbahan material logam/besi  ataupun fiberglass. Pastikan juga Anda tidak lupa untuk membuat blok kunci dan juga penguat interior, kalau Anda memang ingin membuat pintu dari material logam/besi.

Contoh Pintu dari kayu solid, logam/besi dan fiberglass :

 

Pintu dari Kayu Solid

 

Pintu dari Logam/besi

 

Pintu dari Fiberglass

 

  • Menjauhkan Letak Pintu dari Jendela

Walaupun letak jendela yang berdekatan dengan pintu rumah bermanfaat untuk memudahkan cahaya masuk pada area sekitar pintu, namun ternyata hal ini bisa membahayakan keamanan rumah Anda. Karena jendela yang letaknya dekat dengan pintu, malah akan memudahkan pencuri untuk mengambil kunci pintu dengan cara mencungkil jendela ataupun memecahkan kaca jendela yang kemudian dengan jangkauan lengannya bisa mengambil/membuka kunci rumah yang dikunci dari dalam,.

 

  • Menjauhkan Pintu Dari Tanaman

 

Tidak menjadi masalah jika tanaman yang ditanam dekat pintu hanya berupa tanaman bunga-bunga kecil dan berdaun tidak lebat dan rimbun. Yang  sebaiknya dihindari berdekatan dengan pintu rumah adalah tanaman-tanaman dengan dedaunan yang rimbun dan lebat, seperti semak-semak, karena tanaman semak lebat tersebut bisa dimanfaatkan oleh pencuri untuk bersembunyi atau menunggu sambil memperhatikan situasi dan kondisi rumah Anda sebelum beraksi melakukan pencurian.

 

  • Memasang Gerendel Pintu

 

Gerendel kunci pintu merupakan salah satu elemen yang akan mempengaruhi seberapa kuat dan kokohnya pintu rumah Anda, karena walaupun pintu rumah terbuat dari material yang solit dan kuat, akan tetap mudah untuk didobrak kalau kunci pintu tidak mengunci sempurna pada frame pintu. Jadi saat akan membeli kunci gerendel pintu, pastikan terlebih dahulu kualitas dan kekuatannya. Lebih baik membeli dengan harga sedikit lebih mahal tapi terjamin kualitasnya, dari pada bermaksud irit dengan membeli gerendel kunci pintu berharga murah dengan kualitas buruk dan mudah rusak.

 

  • Memberi Perlindungan Tambahan Pada Pintu

 

Untuk memberikan perlindungan tambahan pada pintu rumah, bisa Anda pasang gerendel pintu tambahan pada pintu rumah bagian dalam saja dan digunakan saat Anda berada di dalam rumah, dan tidak bisa diakses dari luar rumah. Akan mustahil bagi pencuri di luar rumah untuk merusak gerendel pintu tambahan tersebut. Gerendel pintu tambahan ini juga akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat berada di dalam rumah. Selamat mencoba !

 

Semoga bermanfaat.