Selain pintu rumah, maling atau pencuri kerap kali memanfaatkan jendela untuk bisa masuk diam-diam ke dalam rumah. Sebab itu selain meningkatkan system keamanan pada pintu rumah, jendela rumah juga harus diperhatikan factor pengamanannya, agar bisa menghalau para pencuri yang hendak masuk ke dalam rumah. Jendela adalah salah satu bagian dari rumah yang rentan digunakan pencuri untuk masuk, walau jendela memiliki ukuran lebih kecil dari pintu, namun tidak menghalangi pencuri yang akan masuk membobol rumah Anda, terlebih jika jendela rumah hanya diberi kunci biasa dan tidak ada pengamanan tambahan sama sekali. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya jendela rumah Anda dibuat menjadi jendela anti maling, yang akan membuat Anda merasa lebih tenang untuk meninggalkan rumah saat harus bepergian.

 

Baca Juga : Desain Rumah Hook 12 x 20 M2 Dua Lantai Gaya Tropis

 

Lalu, bagaimana caranya agar jendela di rumah bisa anti maling ? Silahkan Anda simak penjelasan dibawah ini :

 

  1. MEMILIH KUNCI JENDELA YANG TEPAT

 

Kunci Jendela Dengan Pin

 

Kunci Jendela Dengan Gerendel

 

Ada banyak pilihan kunci jendela yang bisa membantu mengamankan rumah Anda dari kehadiran maling dan penyusup yang ingin masuk melalui jendela rumah. Kunci jenis deabolts adalah jenis kunci yang sulit untuk diakali atau di jebol oleh pencuri biasa yang berniat masuk. Sekarang juga ada system kunci dengan memakai PIN untuk bisa membukanya, kunci jenis ini juga terbilang efektif untuk menghalau pencuri dan penyusup. Selain jenis kunci di atas tadi ada juga jebnis kunci jendela yang sering dianjurkan oleh ahli keamanan untuk mengamankan rumah Anda, yaitu dengan menggunakan kunci jendela jenis gerendel.

 

  1. MEMPERKUAT KACA JENDELA

Salah satu cara untuk maling/pencuri bisa masuk kedalam rumah adalah dengan cara mencongkel jendela, untuk mencegah agar jendela rumah tidak bisa/sulit di congkel adalah dengan cara memperkuat kaca jendela dengan material kaca yang lebih kuat dan kokoh. Anda bisa mengganti kaca jendela biasa di rumah dengan kaca jendela yang lebih kuat yaitu jendela dari bahan tempered glass. Untuk membuat jendela anti maling ini, cara yang satu ini merupakan cara yang terbilang paling murah. Selain mengganti kaca jendela biasa dengan tempered glass, bisa juga dengan menggantinya menggunakan kaca laminasi/laminated glass. Laminated glass adalah kaca yang terbuat dari lapisan vinyl yang diletakkan dan dijepit diantara dua lembaran kaca, maling akan mengalami kesulitan jika akan menghancurkan kaca ini, karena untuk bisa pecah atau jebol, maka harus berulang kali dipukul sekuat tenaga di titik kaca yang sama.

 

Tempered Glass

 

Laminated Glass

 

 

  1. MEMASANG TERALIS BESI PADA JENDELA

Selain dengan cara pertama dan kedua di atas, cara selanjutnya untuk membuat jendela rumah Anda menjadi jendela anti maling adalah dengan cara memasang teralis besi, dibalik kaca jendela di rumah. Jadi maling tetap tidak bisa masuk walau lapisan kaca jendela telah berhasil dicongkel atau dihancurkan. Kebanyakan orang tidak suka dan enggan untuk memasang teralis besi pada jendela rumahnya karena dianggap akan mengurangi penampilan eksterior rumah dan membuat rumah seperti penjara dengan teralis-teralis besinya. Namun sekarang Anda bisa memesan teralis besi untuk jendela sesuai dengan model atau desain yang Anda inginkan, ada banyak pilihan motif dan model teralis besi yang akan membuat tampilan jendela rumah semakin keren dan menarik, yang pastinya tidak akan mengurangi keindahan eksterior rumah Anda. Beberapa contoh teralis besi untuk jendela dengan desain dekoratif, bisa Anda lihat dibawah ini :

 

 

  1. MEMASANG ALARM JENDELA

 

 

Untuk cara yang satu ini mungkin akan sedikit lebih mahal, namun bisa dibilang merupakan salah satu cara pengamanan yang paling efektif, yaitu dengan memasang alarm jendela pada jendela rumah Anda. Memasang alarm jendela merupakan cara yang paling efektif agar jendela rumah Anda terhindar dari maling yang akan membobol rumah, karena alarm jendela yang dipasang akan langsung mendeteksi apabila ada penyusup yang hendak masuk ke dalam rumah melalui jendela. Ada dua jenis alarm jendela yang bisa  Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan budjet. Yang pertama adalah jenis alarm jendela dengan Sensor alarm yang akan berbunyi seketika saat ada penyusup/maling yang membuka jendela dan hendak masuk melalui jendela. Dan jenis alarm jendela yang kedua adalah alarm jendela yang dapat mendeteksi gerak, karena pada alarm jenis ini terdapat Detektor Gerak Inframerah, yang akan bisa mendeteksi gerakan maling atau penyusup di sekitar area jendela dan bahkan sebelum sang maling membuka jendela, sensoe alarm jenis ini akan langsung mendeteksi dan memberi peringatan kepada Anda. Tentu saja untuk masalah harga, alarm jendela jenis kedua ini lebih mahal harganya, jadi silahkan Anda ingin pilih yang mana. Selamat mencoba !

 

Semoga bermanfaat.